KABAR BIREUEN-Kabupaten Bireuen meraih juara 4 pada kegiatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 Tahun 2018 yang berlangsung di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh 5-15 Agustus 2018.

Pengumuman pemenang dibacakan Dewan Juri PKA-7, Prof Dr H Nazaruddin Awe MA saat acara penutupan even lima tahunan itu pada panggung utama PKA di Taman Sulthanah Safiatuddin Banda Aceh, Rabu (15/8/2018) malam.

Juara 1 PKA, yaitu Aceh Selatan, dengan poin tertinggi, 1.870, Juara 2 Aceh Besar dengan poin 1.820 dan Banda Aceh dengan raihan angka 1.740.

Bireuen dengan 1.520 poin berada diposisi 4, disusul Aceh Tengah, dengan 1.510 meriah juara 5 , dan Aceh Barat, juara 6,  dengan 1.100 poin.

Capaian Bireuen yang menduduki peringkat  4 pada PKA ke-7 lebih baik dibandingkan PKA ke-6 tahun 2013 lalu.

Hal itu dikatakan Plt Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bireuen , Drs Muhammad Nasir, M.Pd kepada Kabar Bireuen di ruang kerjanya,  Kamis (16/8/2018).

“Alhamdulillah, Kabupaten Bireuen mendapat Juara  4 Propinsi di ajang PKA ke- 7. Bireuen dapat menaikkan peringkat dari posisi 6 di tahun 2013 pada PKA ke 6 menjadi posisi ke 4. Terima kasih atas kerjasama dan dukungan kita semua,” sebutnya.

Pada PKA ke-7 pada gebyar seni, festival kuliner dan pentas eksibisi, Bireuen berhasil meraih juara di beberapa lomba.

Bireuen berhasil menjadi juara I lomba Cagoek dari Sanggar Rangkang Sastra, Geulayang Tunang dari Sanggar Majelis Adat Aceh (MAA) dan Seudati dari Sanggar Syeh Geunta Bireuen.

Bireuen juga meraih juara II pada lomba Tari Kreasi dari Sanggar Meuligoe, Lomba permainan rakyat, Gaseng dari MAA,  Sendratari, dari Sanggar Rangkang Sastra.

Bireuen juga berhasil meraih juara III pada Lomba Cipta dan Baca Puisi Daerah, dari Sanggar Rangkang Sastra, Zikir Maulid dari MAA, Meureukon dari MAA dan Lomba Adat Perkawinan, Bireuen meraih juara III

Pada  lomba Boeh Gaca dari PKK, meraih juara  IV, begitu juga dengan lomba Dalail Khairat, dari MAA, memperoleh  juara IV serta Peuayon Aneuk, dari MAA, juga raih juara IV. Sedangkan Suson Ranup dari PKK mendapatkan juara V.

Pada festival kuliner Aceh,  pada Cipta Menu B2SA Dinas panagan Aceh, Bireuen meraih juara I. Pada pentas eksibisi, Bireuen tampil sebagai penampilan terbaik V.

Penutupan even kebudayaan terbesar di Aceh itu dilakukan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI yang juga Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil. (Ihkwati)

BAGIKAN