KABAR BIREUEN – Tidak kurang dari 56 Pimpinan YPI Darussa’adah di 5 kabupaten/kota dalam Provinsi Aceh, mengharapkan kepada Drs H Anwar Idris, anggota DPR-RI Fraksi PPP asal Daerah Pemilihan Aceh 2 untuk memperjuangkan pengesahan segera RUU Pesantren dan Dayah.

Hal itu diutarakan Pimpinan YPI Darussa’adah Cabang Simpang Jaya, Kecamatan Juli Bireuen, Tgk Abdurrahman, Sabtu (2/2/2019) di hadapan puluhan Pimpinan YPI Darussa’adah dan anggota DPR-RI, Drs H Anwar Idris yang hadir pada acara maulid Nabi Muhammad SAW.

“Kami mengharapkan Bapak Anwar Idris yang mewakili Rakyat Aceh harus memperjuangkan RUU pesantren dan dayah segera disahkan oleh pemerintah,” harap Tgk Abdurrahman.

Menyahuti harapan puluhan Pimpinan YPI Darussa’adah tersebut, Anwar Idris mengungkapkan, terhadap RUU Pesantren dan Dayah, akan segera disahkan oleh pemerintah.

Menurutnya, setelah RUU Pesantren dan Dayah disahkan, maka pendidikan pesantren dan dayah akan setara dengan pendidikan umum.

“Dan masyarakat pun akan lebih memilih pendidikan untuk anaknya di pesantren atau dayah karena sudah setara dengan pendidikan umum. Ijazahnya pun sama diakui,” katanya.

“Saat ini saya satu-satunya putra Aceh yang masih ada di Komisi X membidangi pendidikan. Dan saya juga masuk dalam tim yang menginisiasi RUU Pesantren dan Dayah bersama Fraksi PPP DPR RI,” imbuh mantan Wakil Ketua DPRK Bireuen ini.

Sebelum RUU tersebut diajukan, sambung mantan anggota DPR Aceh periode 2009-2014 ini, tim penyusunan RUU Pesantren dan Dayah terlebih dahulu meminta masukan dari ulama, pimpinan dayah atau pesantren.

“Kami sudah meminta masukan dari ulama dan Abu Abu dayah sebelum RUU ini disusun,” pungkas Anwar Idris.

Kehadiran Anwar Idris pada acara maulid di YPI Darussa’adah Cabang Simpang Jaya, Kecamatan Juli disambut hangat oleh para pimpinan dayah.

Pada kesempatan itu, anggota DPR-RI yang mencalonkan diri kembali pada Pemilu 2019 dipeusijuk (tepung tawar) oleh Abon Bukhari, Pimpinan YPI Darussa’adah Cabang Gampong Teungoh, Kecamatan Sawang, Aceh Utara dan Abon Cot Puuk. (Rizanur)

BAGIKAN