KABAR BIREUEN – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh yang diwakili Kepala BPS Kabupaten Bireuen, Dara Dian, SE membuka pelatihan petugas Survey Pertanian Antar Sensus (SUTAS) 2018 gelombang kedua dari Kabupaten Bireuen dan Gayo Lues di Aula Hotel Fajar, Bireuen, Jumat (6/4/2018).

Dara Dian dalam sambutannya menyampaikan, selamat datang kepada para peserta pelatihan SUTAS 2018 gelombang kedua dari Kabupaten Bireuen dan Gayo Lues di Training Centre (TC) Kabupaten Bireuen.

Dikatakannya, kegiatan pencacahan SUTAS 2018 tersebut bertujuan untuk memperkirakan populasi rumah tangga usaha pertanian menurut subsektor dan sebagai parameter untuk populasi ternak.

Diharapkan Dara Dian, nantinya seluruh petugas SUTAS dapat menjelaskan maksud dan tujuan dari kegiatan pendataan SUTAS 2018 kepada responden bahwa jawaban yang diberikan tidak ada sangkut pautnya dengan pajak atau bantuan.

“Para petugas harus berupaya, agar wawancara dapat berjalan lancar, sehingga responden akan menjawab dengan jujur sesuai dengan kondisi yang sebenarnya,” jelas Dara Dian.

Selain itu, para peserta selama mengikuti pelatihan ini diminta untuk serius dan disiplin, baik dalam masuk kelas maupun pembelajaran. Dengan begitu, akan memahami konsep, definisi dan metodologi yang akan digunakan. Tujuannya, agar data SUTAS 2018 yang dikumpulkan dari lapangan, dapat diolah dan disajikan sesuai dengan potret yang sebenarnya.

Menurut Dara Dian, keberhasilan pelatihan petugas dan pelaksanaannya di lapangan, sangat ditentukan oleh niat, tekad dan kesungguhan kita semua. Para petugas dituntut agar bersungguh-sungguh dalam melaksanakannya, mematuhi pedoman dan jadwal yang ditentukan.

“Data yang dikumpulkan, dapat digunakan dan dijadikan sebagai dasar perencanaan pertanian. Ini demi masa depan petani yang lebih baik,” ungkap Dara Dian.

Pelatihan petugas SUTAS 2018 gelombang kedua ini diikuti 63 peserta petugas SUTAS Kabupaten Bireuen dan 43 peserta petugas SUTAS Kabupaten Gayo Lues. Pelatihan itu berlangsung 6 hingga 9 April 2018.

Sebagai pematerinya yaitu Erawati, S.Si, M.Si, Dimas Furqan P, S.ST (dari BPS Provinsi Aceh), Ridwan, SE (dari BPS Bireuen) dan Rahmayanti, S.Si, M.Si (dari BPS Pidie Jaya).

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan petugas SUTAS 2018 geLombang kedua tersebut antara lain, Kepala BPS Aceh Tengah Mukhtaruddin, SE, Kepala BPS Bener Meriah Ir Maimun dan Kepala BPS Gayo Lues Sardi, M.Si. (Abu Iskandar)

BAGIKAN