Pemilhan Kepala Dusun di Gampong Pante Lhong, Peusangan

KABAR BIREUEN-Masyarakat Desa Pante Lhong, Kecamatan Peusangan memilih Kepala Dusun (Kadus) yang melibatkan kaum perempuan, Minggu (15/4/20180).

Pemilihan dilakukan sama seperti memilih kepala desa sebagaimana pesta demokrasi pada akhir November 2017 lalu. Ini merupakan sejarah untuk pertama kalinya dilaksanakan pemilihan Kadus secara demokratis.

Pemilihan kadus oleh masyarakat yang hanya didusun tersebut karena dusun merupakan wilayah administratif terkecil dari desa.

Melalui pengeras suara panitia pemilihan kepala dusun sejak pukul 08.40 WIBi, mengumumkan kepada masyarakat untuk segera hadir ke halaman meunasah Gampong Pante Lhong untuk memberikan suaranya kepada kandidat.

Panitia pelaksana, Agustiar, S.Pd dalam laporannya mengatakan pemilih adalah warga desa Pante Lhong yang sudah memiliki hak pilih yaitu mereka yang sudah berumur 17 tahun keatas atau sudah menikah baik laki-laki maupun perempuan dibuktikan dengan KTP atau KK untuk dusun masing-masing.

Jumlah dusun Gampong Pante Lhong ada emapt, dan setiap dusun akan menentukan satu orang untuk kepala dusun definitif.

Dusun Irigasi memiliki kandidat sebanyak 2 orang, Dusun Tengku Dipulo 3 orang kandidat, Dusun Tengku Direhat 4 orang kandidat dan Dusun Teupin Seulanga kandidatnya berjumlah 5 orang.

Dengan tertib masyarakat memasuki bilik suara berdasarkan dusun untuk memberikan pilihannya kepada para kandidat yang sudah disiapkan oleh panitia berupa kotak dengan gambar kandidat.

Antusiasme masyarakat terlihat hingga menjelang siang masih terus berdatangan serta ada yang menunggu hingga rangkaian acara selesai.

Atas kesepakatan bersama dengan kandidat kepala dusun, perangkat desa dan panitia pelaksana diputuskan untuk menutup pemilihan pada pukul 11.30 WIB , lalu dilanjutkan dengan perhitungan suara.

“Hasil perhitungan perolehan suara untuk Dusun Tengku Direhat dimenangkan Sanusi, Dusun Tengku Dipulo dimenangkan Zulkarnaini, lalu untuk 2 dusun lainnya masing-masing Dusun Irigasi, Zulfikar unggul dan Dusun Teupin Seulanga dimenangkan Safrizal.

Setelah pemilihan usia, semua kandidat dan masyarakat saling bersalaman sebagai sportifitas untuk menerima keadaan.

Pada penutupan pemilihan Kadus tersebut, Keuchik Gampong Pante Lhong, Murizal mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat dan panitia pelaksana yang telah berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan ini.

“Hak perogatif telah saya berikan kepada masyarakat untuk bersama bertanggung jawab terhadap pembangunan desa dengan peran masing-masing,” katanya.

Tentunya kepala dusun yang terpilih tersebut adalah perangkat kerja yang akan menyukseskan visi dan misi keuchik sebagai pimpinan eksekutif dalam pembangunan dan perberdayaan masyarakat Gampong Pante Lhong. (REL)

BAGIKAN