KABAR BIREUEN – Polres Bireuen menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Pengamanan (Satpam) ke-38 di halaman Meuligeo Bireuen, Senin (7/1/2019).

Kegiatan ini selain dirangkai dengan donor darah, juga penyerahan piagam penghargaan dan penyerahan piala dan uang pembinaan oleh Bupati Bireuen H Saifannur S.Sos, kepada  juara dari beberapa cabang olahraga yang diperlombaan pada HUT ini.

Pada upacara itu Kapolres Bireuen, AKBP Gugun Hardi Gunawan, S.IK bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sementara KBO Sat Binmas Polres Bireuen Ipda M Nasir sebagai komandan upacara serta Kasat Binmas Polres Bireuen, Iptu Marzuki Oesman sebagai Perwira Upacara.

Pada kesempatan ini Kapolres Bireuen, AKBP Gugun Hardi Gunawan, S.IK membacakan amanah tertulis Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D.

Dalam inti amanah tersebut dikatakan, Peringatan HUT Satpam ini, mengangkat tema “Pemuliaan Profesi Satpam Indonesia Guna Mendukung Polri dalam Pengamanan Pemilu Tahun 2019”.

Satuan pengamanan memiliki peran strategis, baik dalam upaya pemeliharaan Kamtimas di lingkungan kerja, maupun dalam mendukung iklim investasi yang kondusif sebagai salah satu perhatian pemerintah guna memacu pertumbuhan ekonomi.

Bangsa Indonesia tengah menyambut agenda Pemilu tahun 2019, sebagai wujud dari pesta demokrasi. Jika ditinjau dari perspektif keamanan, agenda tersebut memiliki karakteristik potensi kerawanan yang khas, karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan digelar secara serentak pada tanggal 17 April 2019.

Kondisi tersebut memunculkan beberapa potensi kerawanan yang harus diantisipasi, baik dalam tahap kampanye, pemungutan, perhitungan, maupun rekapitulasi suara, di antaranya potensi pemanfaatan isu SARA dan politik identitas, serta penyebaran hoax dan hatespeech yang berpotensi terhadap timbulnya konflik sosial.

Hadir pada upacara tersebut, Sekda Bireuen, Ketua DPRK Bireuen, unsur Forkopimda, Anggota Polres Bireuen, Kepala Dinas, Badan, Kantor dalam lingkungan Pemerintahan Bireuen, dan undangan lainnya. (Herman Suesilo)

BAGIKAN