KABAR BIREUEN – Pengurus Dharma Pertiwi Daerah R Aceh, baik Persit Candra Kirana Kodam Iskandar Muda, Jalasenastri Lantamal I Armada Barat, PIA Ardhya Garini cabang 20/D, mengadakan syukuran HUT ke-53 Dharma Pertiwi. Acara yang sederhana itu berlangsung di Gedung Balai Teuku Umar Kodam IM, Jl. Ahmad Yani No. 1 Banda Aceh, Jumat (21/4/2017).

Peringatan HUT Dharma Pertiwi tahun 2017 ini mengusung tema “Dharma Pertiwi Bertekad Meningkatkan Kualitas Keluarga Prajurit yang Kreatif Guna Mendukung Terwujudnya TNI yang Hebat, Kuat, Profesional dan Dicintai Rakyat”.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nenny Gatot Nurmantyo yang dibacakan Ketua Dharma Pertiwi Daerah R, Ny Shanty Moch Fachrudin, S.Sos menyampaikan, peringatan 53 tahun Dharma Pertiwi ini, bukanlah waktu yang pendek dalam pengabdian Dharma Pertiwi, sebagai organisasi kemasyarakatan. Artinya, Dharma Pertiwi selalu tetap konsisten dalam meningkatkan kepedulian sosial, pendidikan dan kesejahteraan Prajurit TNI serta keluarganya.

“Maka dengan ini diiringi rasa syukur dan bahagia, saya selaku Ketua Umum Dharma Pertiwi mengucapkan, selamat dan berbahagia kepada seluruh pengurus dan anggota Dharma Pertiwi yang saya cintai dan saya banggakan dimanapun berada,” ungkapnya.

Untuk menghadapi situasi dan kondisi saat ini, Ny Shanty Moch Fachrudin S.Sos mengatakan, harus meningkatkan kualitas keluarga prajurit yang kreatif  dan selalu mendukung terwujudnya TNI yang hebat, kuat, profesional dan dicintai rakyat.

“Hal ini mencerminkan kebulatan tekad segenap keluarga besar Dharma Pertiwi, untuk senantiasa kuat, sekuat tenaga dan berdaya membangun kebersamaan dan kekeluargaan yang dilakukan secara ikhlas, melalui berbagai bidang kegiatan, baik kegiatan bidang sosial, kemajuan pendidikan dan peningkatan kualitas keluarga prajurit TNI maupun lingkungannya,” tukasnya.

Sementara itu, Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch Fachrudin, S.Sos yang menghadiri acara syukuran HUT Dharma Pertiwi Ke-53 tersebut menyampaikan, bahwa kehidupan keluarga, adalah fundamen dan pilar dari kehidupan sosial kemasyarakatan dan kebangsaan.

“Jika kehidupan keluarga telah sehat, cerdas dan sejahtera, maka dipastikan akan sehat, cerdas dan sejahtera pulalah kehidupan prajurit TNI, masyarakat dan bangsa kita,” katanya.

Pangdam menyatakan, peran sentral dan strategis dalam kehidupan keluarga dimainkan oleh seorang isteri atau ibu rumah tangga. Bahkan secara spesifik, kaum ibu diibaratkan sebagai ”pilar” atau ”tiang” utama bangsa.

“Jadi sebagai isteri prajurit TNI, kiranya pandai bersyukur serta bangga ditakdirkan sebagai pendamping prajurit TNI dengan segala kelebihan dan kekurangannya, meningkatkan keterampilan dan wawasan, rawat, asuh dan didik anak-anak, dengan penuh kesabaran dan kasih sayang, serta ciptakan kreativitas dalam program kerja Dharma Pertiwi guna mendukung terlaksananya tugas pokok TNI,” tutup jenderal bintang dua ini.

Acara peringatan HUT ke-53 Dharma Pertiwi turut hadir Kasdam, Irdam, Danrem 011, Danrem 012, para Pa Ahli, Asisten, LO AU, LO AL, Kabalak, Danlanud SIM, Ketua Dharma Pertiwi Daerah R, Pembina dan Ketua Unsur Dharma Pertiwi se-jajaran Daerah R, serta Ketua Cabang dan Ranting se-jajaran PD Iskandar Muda. (REL)

BAGIKAN