KABAR BIREUEN – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang telah ditetapkan Pemerintah, Taman Pendidikan Alqur’an (TPA) Ampoen Chiek Peusangan Matangglumpangdua, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, melaksanakan berbagai kegiatan, Senin, 22 0ktober 2018.

Direktur TPA Ampoen Chiek Peusangan, Tgk Muhammad Rizal, MA, mengatakan, sebagai bentuk rasa syukur atas penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional, pengurus TPA Ampoen Chiek Peusangan melaksanakan beberapa kegiatan.

Kegiatan tersebut antara lain, zikir dan pembacaan shalawat oleh seluruh santri dan para asatidz. Kemudian santri sarungan, yaitu semua santri dan guru diwajibkan memakai kain sarung pada hari tersebut.

“Karena semua santri, baik pesantren modern maupun dayah itu, identik dengan sarung. Ini merupakan ciri khas santri Indonesia dan juga merupakan simbol pakaian santri Indonesia. Sedangkan kegiatan yang ketiga, sehari tanpa sampah di Mesjid Besar Peusangan,” jelas Tgk Muhammad Rizal.

Sementara Tgk Muhammad Zaki, selaku Kabid Kesantrian TPA tersebut, menambahkan, pelaksanaan kegiatan pada hari santri ini, untuk menumbuhkan motivasi anak-anak (santri), untuk terus menuntut ilmu agama.

“Ke depan, kita mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Bireuen khususnya, agar menggelar berbagai kegiatan yang berhubungan dengan keagamaan pada peringatan hari santri semacam ini. Apalagi, Bireuen dikenal sebagai kota santri,” harap Tgk Muhammad Zaki. (Suryadi)

BAGIKAN