KABAR BIREUEN Dalam rangka memperingatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019, puluhan lembaga di Bireuen akan melaksanakan aksi bersih-bersih pantai, Sabtu pagi (2/3/2019).

Kegiatan tersebut akan digelar di tiga titik yaitu di Laut Jangka, Kecamatan Jangka, Pantai Pangah, Kecamatan Gandapura serta Laut Kuala Raja Kecamatan Kuala.

Murni M, Nasir selaku relawan kegiatan tersebut kepada Kabar Bireuen, Jumat sore (1/3/2019) menyebutkan, fokus utama kegiatan tersebut dipusatkan di Laut Jangka.

Kegiatan ini, sebutnya, didukung Sahabat Laut dan Forum DAS Krueng Peusangan (FDKP).

“Kita juga mendapat dukungan dari Dinas Kesehatan yang akan mengerahkan massanya dari sejumlah Puskesmas di tiga lokasi bersih-bersih pantai tersebut. Selain itu juga, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Bireuen menfasilitasi 3 truk sampah di tiga titik,” jelas Murni.

Disebutkan Murni, kegiatan yang akan dilakukan nantinya sosialisasi SRJS, peugleh pasie, belajar mendata sampah plastik dan diskusi penanganan sampah.

Disebutkan aktivis anti korupsi itu, ada 26 lembaga yang akan ikut dalam aski tersebut.

Sementara Puskesmas yang akan ikut dalam gerakan serentak HPSN di Pantai Jangka, yaitu pPuskesmas Jangka, Peusangan Cot Iju, Peusangan Selatan, Peusangan Siblah Krueng.

Di Pantai Pangah, Puskesmas Makmur, Kuta Blang, Gandapura dan Mon Keulayu serta di Pantai Kuala Raja, Puskesmas Kuala, Kota Juang, Jeumpa dan Juli 2. (Ihkwati).

BAGIKAN