KABAR BIREUEN – Komandan Kodim 0111/Bireuen Letkol Inf.Amrul Huda S.E., M.M., M.Sc. menghadiri Acara Peringatan Haul Teuku Raja Muda Cut Lathif Laksamana Muda Kerajaan Aceh Darussalam tahun 1863 -1900 M.

Tampak hadir pada pelaksanaan acara ini antara lain Anggota DPRA Propinsi Aceh T.A Khaled, Kepala Bappeda Kabupaten Pidie Jaya Ir. Teuku Muhalil, Anggota DPRK Bireuen, Muzakkir Mahmud.

Staf Camat Kecamatan Juli Muntazar, Danramil 05/Juli Kpt Inf. M.Nasir, Kapolsek Juli diwakili Kanit Binmas Brigadir Rahadian. S., Perwakilan Ahli waris T. Muda Cut Latief, para Mukim di Kecamatan Juli, beserta para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat Desa Teupin Mane Kecamatan Juli.

Acara yang dihadiri lebih kurang 150 orang bertempat di halaman Meunasah Desa Teupin Mane Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Sabtu(25/8/2018)

Dandim 0111/Bireuen mengajak semuanya untuk memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya pada hari iniĀ  masih diberikan kesehatan kekuatan lahir dan batin.

Sehingga dapat menghadiri acara doa bersama dalam rangka silaturrahmi Haul Teuku Raja Muda Cut Lathif dalam keadaan aman dan lancar.

“Disamping itu juga saya mengucapkan terima kasih atas kehormatan yang bapak ibu berikan dengan mengundang kami pada acara Haul Teuku Raja Muda Cut Lathif untuk kegiatan ini sejalan dengan program pembinaan teritorial yang dilaksanakan Kodim 0111/ Bireuen atau kamando kewilayahan,” sebut Dandim.

Dikatakannya, dengan adanya acara ini, pihaknya juga sedang menggali sejarah-sejarah Aceh dalam rangka meningkatkan sisi sejarah panjang yang ada di Aceh. Teuku Raja Muda Cut Lathif merupakan salah satu tokoh penting dalam sejarah perjuangan Aceh yang didokumentasikan dan dirawat.

“Unuk itu juga saya menekankan bangsa yang besar adalah bangsa yang senantiasa menghargai dan menghormati jasa dan perjuangan para pendahulunya dan para pahlawan bangsa,” sebutnya.

Dandim berharap, semoga peringatan Haul ini menjadi moment yang penting bagi kita semua dalam rangka menggali kembali perjuangan sejarah Aceh,.

“Saya juga menitipkan makam Teuku Raja Muda Cut Lathif kepada masyarakat Desa Teupin Mane agar dirawat dengan baik sebagai bentuk komitmen kita menghargai jasa para tokoh pendahulu kita,” pungkasnya.

Acara yang diakhiri dengan Ziarah ke makam Teuku Raja Muda Cut Lathif dilanjutkan dengan shalat dhuhur berjamaah dan makan siang bersama serta pembacaan doa oleh Tgk.Abdullah berjalan dengan lancar dan aman sesuai dengan yang diharapkan. (REL)

BAGIKAN