KABAR BIREUEN – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Gampong Seuneubok Rawa, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, mengadakan rapat penyusunan program kegiatan tahun anggaran 2019. Acara tersebut berlangsung di meunasah setempat, Jumat, 16 November 2018.

Salah satu program yang diusulkan warga adalah pelatihan peningkatan kapasitas aparatur dan masyarakat tentang UU Desa. Kegiatan ini dinilai penting oleh masyarakat, terutama Ketua PKK setempat, Rosminawati.

“Sangat penting kita usulkan pelatihan tersebut, agar masyarakat dam aparatur sama-sama lebih memahami tentang tata kelola pembangunan gampong yang lebih baik,” jelas Rosminawati.

Selama ini, terutama kelompok perempuan masih kurang paham tentang peruntukan dana desa dan aturan yang ada. Kedepan, dengan diadakan kegiatan tersebut maka warga dan aparatur lebih mantap lagi dalam mengelola gampong.

“Bagaimana kedepan kita buat masyarakat Seuneubok Rawa lebih pandai dari sebelumnya, agar gampong kita lebih maju,” lanjutnya.

Selain kegiatan itu, turut diusulkan juga beberapa program lainnya seperti pengadaan pelaminan gampong, pelatihan kerajinan tangan, peningkatan kemampuan baca Al-Quran dan pelatihan pembuatan aneka kue.

Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya sebatas pelatihan saja, namun mereka ingin melahirkan produk PKK yang permanen.

“Ini tidak hanya sekedar pelatihan saja, namun bagaimana kita bisa menciptakan produk-produk tertentu sebagai modal awal untuk membangkitkan ekonomi perempuan,” tutup Rosminawati.

Sementara seorang peserta rapat, Fitriana, menyampaikan, salah satu alasan majunya sebuah gampong adalah karena masyarakatnya yang pandai.

“Kita harus membuat pola pikir masyarakat lebih maju, jika ingin memberi perubahan pada gampong,” ungkapnya.

Di waktu yang sama, Posyandu dan Pos KB juga menyusun program yang dibutuhkan terkait isu kesehatan.

Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 40-an perempuan mulai dari orang tua hingga remaja.(Ihkwati)

BAGIKAN