KABAR BIREUEN-Ribuan penonton dari berbagai gampong memadati Pentas Seni Muspika Jangka, untuk menyaksikan kesenian tradisional Aceh Rapai yang dipersembahkan grup-grup rapai dari beberapa gampong yang ada di kecamatan setempat.

Pentas Seni hiburan rakyat ini berlangsung selama dua hari, 17-18 Agustus 2018, sore di lapangan bolakaki Jangka.

Sebelumnya Jumat sore (17/8/2018), Pentas Seni ini diisi dengan berbagai kesenian tradisional Aceh, diantaranya, Seudati, tari Ranup lampuan, saman, dan tarian-tarian lain nya persembahan dari pelajar tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA.

Disela-sela kegiatan Camat Jangka Alfian S.Sos didamping Danramil 07/Jangka Kapten Inf Nanang Sudaryanto dan Kapolsek Jangka Iptu Eka Jumadi, Sabtu sore (18/8/2018) kepada Kabar Bireuen menjelaskan, pentas seni ini salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka HUT RI ke 73.

Selain menapilkan berbagai kesenian, juga dilakukan penyerahan hadiah bagi para pemenang pelombaan antar pelajar tingkat SD/MI hingga SMA/MA, yang sudah dilakukan sebelumnya, diantaranya lomba lari goni, lomba seni tari, rapai, seudati, pertandingan sepakbola antar Mukim, dan karnaval yang baru selesai sore ini.

Seluruh rangkaian yang kita selenggarakan ini, kata Alfian, selain menyemarakan HUT RI ke 73, dan menghibur masyarakat juga untuk meningkatkat kesatuan dan persatuan antar sesama warga kecamatan ini, memberikan wadah bagi para pemerhati seni agar lambat laun tidak hilang dan tergerus oleh situasi dan zaman.

Camat Jangka, menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung kegiatan ini sepenuhnya,berharap kerjasama ini bisa dilakukan setiap tahunnya.

Sementara itu, Kapolsek Jangka, Iptu Eka Jumadi menjelaskan, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan kegiatan HUT RI Ke 73 di Kecamatan Jangka, Alhamdulillah situasinya aman dan konduksif baik di tingkat gampong dan kecamatan.

“Kita selalu berkoordinasi dengan semua pihak, kita sama-sama bekerja dengan tujuan menyemarakan HUT RI di Kecamatan yang kita cintai ini, sukses dan meriah,” sebutnya.

Danramil 07/Jangka Kapten Inf Nanang Sudaryanto menambahkan, koordinasi antar sesama ini, kita harapkan bukan hanya sebatas sampai di kegiatan ini saja.

Berkoordinasi terhadap seluruh unsur elemen, patut kita kedepankan, tambah Nanang Sudaryanto, dengan tujuan untuk membangun Kecamatan ini, dari berbagai sektor kearah positif, dan membuat masyarakat lebih nyaman dan aman. (Herman Susilo)

BAGIKAN