KABAR BIREUEN – Pengurus Masjid At-Taqwa Bireuen mengadakan kegiatan donor darah, Minggu malam (4/6/2017) di masjid setempat.

Dari kegiatan tersebut, berhasil dikumpulkan 23 kantong darah.

Pengurus Masjid At-Taqwa Bireuen, dr. Athailah kepada Kabar Bireuen di sela-sela kegiatan donor mengatakan, agenda donor darah pada bulan suci ramadhan, rutin dilaksanakan setiap tahun. Dan yang mendonorkan darah, jamaah salat tarawih.

“Kegiatan ini rutin kita laksanakan setiap bulan ramadhan selama tiga minggu. Dan di luar bulan ramadhan juga rutin kita laksanakan setahun dua kali. Malam ini darah yang terkumpul 23 kantong, mungkin minggu selanjutnya bisa lebih banyak lagi,” katanya.

Sementara, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bireuen, Edi Saputra kepada Kabar Bireuen mengaku, hanya Pengurus Masjid At-Taqwa yang melaksanakan kegiatan donor darah di bulan puasa.

“Kalau di luar bulan puasa sering dilaksanakan donor darah, baik instansi pemerintah maupun swasta,” katanya.

Ketua PMI Bireuen yang kerap disapa Edi Obama ini ketika disinggung stok darah di UTD RSU dr Fauziah Bireuen mengaku tidak ada masalah. Namun disebutkannya, saat ini hanya darah golongan AB yang kosong.

“Sedangkan golongan darah yang lain semua tersedia, kecuali golongan AB. Sekarang golongan darah AB ada 7 orang pasien yang membutuhkan, namun stoknya habis, dan tadi baru ada satu kantong dapat,” papar Edi Saputra.

Untuk itu, ia mengharapkan kepada masyarakat yang golongan darah AB, jika mau mendonorkan darahnya dapat menghubungi PMI Bireuen, atau langsung ke Unit Transfusi Darah (UTD) RSU dr Fauziah Bireuen. (Rizanur)

BAGIKAN