KABAR BIREUEN – Tumpukan sampah yang dibuang sembarangan di pinggir jalan menuju Pasar Induk Bireuen, membuat pengguna jalan tidak nyaman. Selain menimbulkan bau tidak sedap, juga merusak pemandangan.

Bukan hanya membuat pengguna jalan tidak nyaman, bau sampah tersebut juga tercium hingga ke rumah warga sekitar.

Anom, warga Desa Juli Cot Meurak, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, yang tinggal dekat jalan itu, mengatakan, sampah tersebut dibuang oleh warga lain yang melintas dan tidak dikenalinya.

“Dulu pernah kita tegur orang yang kedapatan melempar kantong sampah di situ, tapi balasannya tidak enak didengar,” kata pria yang memiliki kios dekat persimpangan jalan tersebut, Kamis (27/9/2018) pagi.

Tumpukan sampah di pinggir jalan yang baru diaspal itu, bukan hanya terbungkus dengan kantong plastik. Bahkan, ada juga yang dimasukkan ke dalam karung beras.

Seorang penguna jalan, Mulya Darma, menuturkan, tumpukan sampah memunculkan pemandangan dan aroma tidak sedap dan bisa mengundang penyakit.

“Ini sangat tidak bagus bagi kesehatan. Kita yang melintasi jalan tersebut, juga tidak nyaman,” kata Mulya Darma. (Najib Zakaria)

BAGIKAN