KABARBIREUEN-Kemacetan terjadi akibat maraknya pengendara yang selalu parkir di sembarang tempat, bahkan mengunakan sebahagian badan jalan, tanpa adanya penertiban dari dinas terkait.

Parkiran yang semrawut di beberapa kawasan Kota Bireuen itu, menjadi biang kemacetan dan rawan kecelakaan, membuat kesal para pengendara yang melintas.

Seperti yang terjadi di Jalan T Umar Johan Pahlawan (Jalan Ramai) Kota Bireuen, puluhan kendaraan roda dua dan roda 4 parkir di sembarang tempat, hingga menjorok ke badan jalan yang selalu dipergunakan warga untuk melintas.

Safrida binti Ahmad Ibrahim, warga Bandar Bireuen, saat melintasi jalan itu, Sabtu (4/3/2017) kepada KoranBireuen mengatakan, akibat dibiarkannya parkir di sembarang tempat secara leluasa,  akibatnya penguna jalan yang melintasi kawasan itu merasa tidak nyaman.

Selain terjadinya kemacetan, juga rawan kecelakaan yang dapat berakibat  fatal bagi penguna jalan. “Ini sungguh sangat disesalkan,” katanya.

Seharusnya, sebutnya lagi, Dinas Perhubungan Bireuen, tidak membiarkan begitu saja, karena ini juga menyangkut keselamatan bagi penguna kenderaan dan penguna jalan lainnya.

“Jangan hanya memikirkan setorannya saja,  sehingga mengabaikan keselamatan nyawa orang lain” kesal Safrida.

Hal senada juga disesalkan Ramli Yusuf, warga Kecamatan Juli, karena di kawasan padat itu, tidak kelihatan satu orang petugaspun, baik dari Dinas Perhubungan ataupun dari kepolisian yang ditempatkan di sekitar lokasi itu untuk mengaturnya.

Yang tampak kelihatan hanya petugas parkiran, itupun hanya bertugas mengambil restribusi parkir, bukan mengatur parkir.

“Pembiaran parkir sembarangan di kawasan Kota Bireuen, kita akui ini sudah menjadi tradisi, karena dari dulu parkir sembarangan dibiarkan begitu saja,” tegasnya dengan nada kesal. (Herman Suesilo)

BAGIKAN