KABAR BIREUEN-Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Peusangan menggelar  penanaman perdana padi model Jarwo Transplanter di lahan demplot Muspika Peusangan di Desa Cot Bada Tunong, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Selasa (27/11/2018).

Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Peusangan Hafni,SP menyebutkan, demplot tanaman padi tersebut menggunakan sistem tanam model Jarwo Transplanter dengan pola tanam Jajar Legowo pola 2-1 (20 cm x 10 cm dengan luas lorong 40 cm) seluas 1.200 meter.

Dikatakan Hafni, manfaat penggunaan alat ini tenaga kerja bisa dikurangi, mempecepat, atau memangkas waktu kerja tanam padi.

Selian itu, kebutuhan bibit padi lebih hemat/sedikit dan benih padi harus ditanam di blok/dapot untuk dipasang ke bagian mesin penanam benih padi, tanpa merusak perkembangan akar benih padi.

“Mesin Jarwo Transplanter ini bantuan dinas pertanian untuk kelompok tani dan diharapkan dengan pola tanam ini diharap dapat meningkatkan hasil panen padi ke depan untuk saat ini capaian hasil panen 8 ton per haktare,” sebutnya.

Hadir pada penanaman perdana padi model jarwo tersebut,Camat Peusangan Erry Seprinaldi, S.STP.,S.Sos.,MSi, Danramil 06 Peusangan Kapten Inf Baidarlani, Babinsa Sertu Muzakir,Ketua Kelompok Tani Sejahtera Desa Cot Bada Tunong, Petugas Penyuluh Lapangan dan seluruh Babinsa Koramil  06 Peusangan. (Ihkwati) 

BAGIKAN