KABAR BIREUEN –Pemuda Muhammadiyah Kota Banda Aceh menggelar pelatihan jurnalistik, yang berlangsung di Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kankemenag) Provinsi Aceh, Sabtu (29/4/2017).

Kegiatan tersebut dilaksabnkan aalam upaya memberikan edukasi tentang jurnalistik di kalangan pemuda, siswa dan mahasiswa, diikuti sekitar 50 siswa SMA sederajat, pemuda gampong dan mahasiswa,berlangsung selama dua hari.

Dengan pemateri, Ketua PWI Aceh, Tarmilin Usman, Redpel Harian Rakyat Aceh Maimun Saleh, dan Iranda Novandi, Wartawan Analisa.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banda Aceh, HM Hasbi yang mewakili walikota dalam arahannya menyampaikan, pelatihan jurnalistik merupakan salah-satu upaya dalam meningkatkan sumber daya manusia. Khususnya dalam pengenalan pada dunia pers yang saat ini terus berkembang dengan cepat.

“Pers memiliki kekuatan yang sangat besar untuk membangun bangsa yang bermartabat. Serta mampu menjadi suatu penggerak perubahan dan pembangkit kesadaran untuk mencapai cita-cita dan tujuan bersama dalam berbagai aspek,” ujarnya.

Maka dari itu, lanjut Hasbi, peranan pers tidaklah terlepas pada keterampilan menulis, sehingga keterampilan ini sudah sepatutnya dimiliki oleh para pelaku dunia pendidikan. Seperti siswa, mahasiswa, guru, dosen dan juga para pemuda gampong.

Sebelumnya, Ketua panitia Rusmadi dalam laporannya menyampaikan, tujuan pihaknya menyelenggarakan kegiatan tersebut sebagai upaya memberikan edukasi tentang jurnalistik kepada masyarakat luas, terutama kalangan pemuda, siswa dan mahasiswa.

“Kita juga ingin mereka mampu mengontrol arah pembangunan melalui tulisan. Bagi siswa minimal kita harap mereka bisa berkontribusi menulis di majalah dinding sekolah,” harap Rusmadi. (Farid)

BAGIKAN