KABAR BIREUEN – Hanya dalam tempo dua hari, SKPK dalam lingkungan Kabupaten Bireuen berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp80 juta untuk rakyat Palestina.

Uang tersebut diserahkan kepada Syeh Barjas Daud Shalih El Anwar pada malam silaturahmi Pemkab Bireuen dengan Syeh asal Palestina ini di Meuligoe Bireuen, Jumat (25/5/2018) usai tarawih.

Ketua Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Bireuen, Yusriadi, SH menyebutkan, kehadiran Syeh Barjas Daud Shalih El Anwar ke Bireuen untuk mensosialisasikan kejadian terkini di Palestina dan menggalang bantuan.

“Bantuan ini nanti akan dikirim ke Palestina untuk dibangun rumah sakit, membeli obat-obatan, sandang dan untuk keperluan lainnya,” kata Yusriadi.

Menurut dia, hingga saat ini KNRP Bireuen sudah menyumbang dana Rp1 miliar untuk Palestina.

“Pengalaman tahun lalu, Bireuen terbanyak mengumpulkan uang untuk Palestina,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Syeh Barjas Daud Shalih El Anwar mengungkapkan kekagumannya atas kebaikan warga Bireuen. Dia juga mengatakan, tadi sebelum acara dimulai, dirinya sempat berdialog dengan Bupati Bireuen. Ternyata, Bupati Saifannur sangat paham kondisi Palestina.

“Ternyata kami punya saudara di sini. Saya dianggap saudara di sini,” kata syeh Barjas dalam bahasa Arab yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Afriyal Hidayat, Lc, MA. Syeh Barjas juga menceritakan kondisi terkini di Palestina.

Di akhir sambutannya, dia memuji semangat anak muda Indonesia yang menjadi relawan. Sementara di sana anak seusia mereka dibunuh.

“Saya melihat semangat juang anak-anak di Indonesia sama seperti di Palestina. Sampai jumpa di Mesjid Al Aqsa,” ujar Syeh Barjas.

Sementara itu Bupati Bireuen, H. Saifannur, S.Sos dalam sambutannya mengatakan, dirinya juga membaca sejarah Palestina yang dijajah Yahudi.

“Maka untuk itu kita selalu berdoa kepada warga Palestina dan Syeh yang menderita dari tahun ke tahun. Kita bersedih hati. Orang muslim tidak bisa dipisahkan,” sebutnya.

Bupati Saifannur juga membacakan dalil tentang persaudaraan baik dari ayat Alquran maupun dari hadist Nabi Muhammad SAW.

“Mari kita bersedekah untuk rakyat Palestina,” ajak Bupati Saifannur.

Pertemuan tersebut ditutup dengan penyerahan sumbangan dari SKPK dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen sebesar Rp80 juta. Sumbangan tersebut diserahkan Bupati Saifannur kepada Syeh Barjas Daud Shalih El Anwar.

Bantuan juga mengalir dari Badan Baitul Mal Bireuen sebanyak Rp5 juta yang diserahkan Kepala Badan Baitul Mal Bireuen, Dr. Murtadha Yusuf, MA. (Najib Zakaria)

 

BAGIKAN