KABAR BIREUEN- Sebanyak 765 pelajar dari berbagai sekolah di Kabupaten Bireuen, mengikuti Lomba Berhitung Fakultas Teknik (LBFT) Unsyiah XXIV, yang berlangsung di Sekolah Sukma Bangsa Bireuen, Minggu (18/2/2018).

Ketua Panitia LBFT XXIV, Alboihaki mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Aceh, dan meningkatkan minat siswa untuk belajar matematika.

Dirincikan Albaihaki, peserta dibagi beberapa kategori, yaitu kategori SD A (kelas 1 dan 2), kategori B (kelas 3 dan 4) dan katagori SD C (kelas 5 dan 6), tingkat SMP, SMA dan katagori umum.

Menurut Albaihaki, setiap peserta harus menyelesaikan 18 soal dalam waktu lima menit. Untuk penilaian dilakukan berdasarkan kecepatan dan ketelitian dalam berhitung serta hasil jawaban yang benar.

“Khusus untuk peserta dari sekolah dasar, yang diperlombakan adalah matematika dasar seperti menambah, perkalian, mengurang, dan membagi,” katanya kepada Kabar Bireuen disela-sela lomba.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bireuen Ir. Zulkifli, Sp, dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Drs. Nasrul Juliansyah, M.Pd serta undangan lainnya. (Farid Maulana)

BAGIKAN