KABAR BIREUEN – Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kabupaten Bireuen memperingati Hari Kesehatan Gigi Dunia (HKGD) di MIN 8 Bireuen (dulu MIN Gandapura), Selasa, (20/3/2018).

MIN 8 Bireuen dipilih sebagai tempat peringatan HKGD karena memiliki fasilitas unit kesehatan gigi sekolah terbaik di Kabupaten Bireuen, selain itu karena faktor letak madrasah yang strategis.

Ketua PDGI Bireuen, drg. Hj Andalusia dalam sambutannya menuturkan bahwa peringatan HKGD bertujuan untuk memberikan pengetahuan, membangun kesadaran dan kebiasaan khususnya kepada anak-anak dan umumnya kepada masyarakat tentang kesehatan gigi.

Kepala Dinas Kesehatan Bireuen, dr Amir Adani dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada PDGI yang telah mempelopori peringatan HKGD.

“Kita berharap dengan kegiatan seperti ini, Bireuen akan menjadi salah satu daerah yang memiliki inovasi kesehatan,” harapnya.

Lebih lanjut Amir mengajak hadirin untuk ikut berpartisipasi dalam gerakan masyarakat sehat. Sebuah gerakan yang dapat dilakukan hanya dengan tindakan-tindakan kecil dan sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya budaya menjaga kebersihan lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, menggunakan jamban sehat, tidak merokok, cuci tangan sebelum makan, dan tidak menkonsumsi makanan beralkohol, serta rutin memeriksa kesehatan.

Sementara itu, Wakil Bupati Bireuen Dr Muzakkar A. Gani di awal sambutan dan arahannya memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini.

Kegiatan ini akan menjadi media dalam rangka membangun kesadaran masyarakat dalam meningkatkan kesehatan gigi khususnya.

“Mari merawat gigi secara berkala, jangan ketika sakit saja kita baru ke dokter,” katanya.

Salain dihadiri  Wakil Bupati Bireuen, Kepala Dinas Kesehatan, pada peringatan HKGD juga  Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bireuen yang diwakili Kasi Pendidikan Madrasah, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, staf ahli bupati, anggota DPRK, Kapolsek Gandapura, Danramil Gandapura, Camat Gandapura, Komite Madrasah MIN 8 Bireuen, dewan guru dan siswa MIN 8 Bireuen. (Najib Zakaria)

 

 


 
 


 

 

 


 
 
BAGIKAN