KABAR BIREUEN-Memasuki tradisi meugang, harga daging di sejumlah pasar tradisional melonjak drastis di Provinsi Aceh.

Seperti yang terlihat di Pasar Jeunieb Kabupaten Bireuen, harga daging sapi dari Rp 120.000 per kilogram naik dengan harganya bervariasi mulai  Rp 160.000, Rp 170.000 hingga Rp 180.000 per kilogramnya. Sedangkan daging ayam dari Rp 45.000 menjadi Rp 50.000- Rp 55.000 per potong.

Kondisi itu dipengaruhi permintaan tinggi masyarakat Aceh menggelar tradisi meugang Idul fitri 1440 H.

Menjelang pukul 12.00 WIB sejumlah ruas jalan di pasar Jeunieb dipadati pengunjung, kondisi ini terjadi akibat padatnya para pembeli daging dengan pembeli bumbu dapur serta pembeli pakian lebaran ditempat yang sama.

Seperti yang terlihat di salah satu kedai alat bumbu dapur milik kak yus dengan antrian panjang para pembeli rela berdiri diterik matahari.

Salah satu pedagang daging meugang, Apa Muh menyebutkan, meugang kali ini minat para pembeli daging lembu biasa dengan lembu peranakan berbeda dari sebelumnya.

“Rata-rata pedagang lembu peranakan sepi pembeli, berbeda dengan pedagang daging lembu biasa diserbu pembeli. Hal ini tidak terjadi sebelumnya, biasanya yang laku berimbang,” sebut Apa Muh.(Al Fadhal/jurnalis Warga)

BAGIKAN