KABAR BIREUEN – Pasar Induk Bireuen di Desa Geulanggang Gampong, Kecamatan Kota Juang, terkesan seperti tidak terurus dengan baik. Munculnya kios-kios baru di area parkir dekat taman, menambah kesemrawutan pasar yang baru difungsikan tersebut.

Amatan media ini, Kamis (11/10/2018), selain di area parkir, di atas saluran irigasi  sebelah barat, juga mulai terlihat rangka kios dari papan. Diduga, di lokasi tersebut nantinya juga akan disulap sebagai tempat kios liar.

Keuchik Geulanggang Gampong, Akmaluddin, SE yang ditanyai Kabar Bireuen terkait hal tersebut, menegaskan, keberadaan kios-kios itu di luar sepengetahuan pihaknya. Dia juga memastikan, kios-kios itu bukan milik pemerintah di bawah Dinas Penanaman Modal, Perdagangan, Koperasi dan UKM Bireuen.

“Kios di taman itu bukan punya desa, bukan juga milik pemerintah. Saya tidak tahu itu punya siapa. Uang sewanya mengalir ke mana, kami juga tidak tahu,” ungkap Akmaluddin, Kamis (11/10/2018).

Menurut dia, selama ini ada orang yang beranggapan, kios-kios berbahan kayu dan beratap terpal yang berada di area taman tersebut adalah punya desa atau dikelola oleh pemerintah desa. Padahal, sama sekali bukan.

“Kami mengkhawatirkan, jika dinas terkait tidak menertibkan, akan bertambah lagi bangunan liar, baik di komplek pasar maupun di atas saluran irigasi,” sebutnya. (Suryadi)

 

 

BAGIKAN