KABAR BIREUEN – Dinas Syariat Islam (DSI) Kabupaten Bireuen, melaksanakan sidang itsbat nikah (penetapan keabsahan pernikahan) untuk 30 pasangan dalam wilayah Kecamatan Makmur, di Aula Gedung Serbaguna, Rabu (31/10/2018).

Sidang itsbat yang difasilitasi DSI bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kemenag dan Mahkamah Syar’iyah Bireuen ini diperuntukkan kepada masyarakat miskin dan korban konflik.

Bupati Bireuen, H. Saifannur, S.Sos dalam sambutan tertulis yang dibacakan kepala DSI, H. Jufliwan, SH, MM pada saat pembukaan mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu cara pemerintah Kabupaten Bireuen dalam membantu masyarakat korban konflik untuk mendapatkan hak atas pengakuan pernikahannya.

Di samping itu, pasangan juga akan mendapatkan akte nikah yang sudah hilang atau yang belum ada sama sekali. Juga akan diberikan akte kelahiran untuk masing-masing pasangan dan keluarga mereka.

“Kami berharap dengan pelaksanaan itsbat nikah ini, masyarakat Bireuen tidak ada lagi yang tidak memiliki akte nikah dan akte kelahiran pada tahun 2018 ini,” jelas Jufliwan.

Sementara itu jika pada tahun ini masih ada yang belum di itsbat, maka pada tahun depan akan diprogramkan kembali oleh pemerintah kabupaten melalui Dinas Syariat Islam.

Turut juga hadir pada acara tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Bireuen, Drs. H. Zulkifli Idris, M.Pd, Plt Ketua Mahkamah Syar’iyah Drs. Ibrahim Basyah, KUA Kecamatan Makmur, Camat Makmur Azmi, S.Ag dan unsur Muspika lainnya dan para saksi masing- masing pasangan. (Faisal Ali)

BAGIKAN