Kabid Koperasi dan UKM Dinas Penanaman Modal, Perdagangan, Koperasi dan UKM Bireuen, Junaidi.

KABAR BIREUEN – Di Kabupaten Bireuen masih banyak orang yang berasal dari luar Aceh beroperasi sebagai rentenir yang menamakan dirinya sebagai pengurus sebuah koperasi.

Mereka menawarkan pinjaman uang tunai secara mudah kepada para pedgang kecil di Bireuen.

Para pedagang kecil di Kabupaten Bireuen jangan lagi terpengaruh mengambil pinjaman rentenir dengan bunga yang sangat berat. Sebab, itu tak mungkin mereka dapat menjalankan usahanya, bahkan akan menjadi mudharat bagi pedagang kecil sendiri.

Kadis Penanaman Modal, Perdagangan,Koperasi dan UKM Bireuen, Darwansyah, SE melalui Kabid Koperasi dan UKM, Junaidi (foto) menjelaskan hal itu menjawab pertanyaan Kabar Bireuen di ruang kerjanya Selasa (9/1/2018).

Dikatakanyan, pinjaman rentenir yang nenjerat para pedagang kecil pada setiap hari pekan di beberapa kecamatan di Bireuen, antara lain Samalanga, Jeunieb, Peudada, Matangglumpangdua, Peusangan, Gandapura.

“Dengan bunga 30 persen, jika pinjaman Rp 1 juta harus bayar Rp 1,3 juta dicicil setiap hari sesuai yang ditetapkan rentenir,” jelasnya.

Menuryt Junaidi, itu bukan koperasi, tapi rentenir namanya. Mereka menjerat para pedagang kecil di Bireuen untuk mencari keuntungan besar bagi rentenir, dengan mengelabui atau mencatut nama sebagai koperasi.

“Tidak ada satupun koperasi yang resmi di Bireuen menawarkan pinjaman dengan bunga tinggi kepada pedagang dan usaha kecil di Bireuen,” tegasnya.

Untuk mencegah agar pedagang kecil tidak terjerat rentenir, disarankan agar para pedagang kecil dapat mengurus izin usaha kecil di kecamatan masing-masing.

Bupati Bireuen sudah memberikan wewenang kepada para camat untuk melayani para pedagang kecil dengan baik dan menerbitkan izin Usaha Mikro Kecil (UMK) kepada para pedagang kecil.

Dengan memiliki izin UMK, para pedagang kecil akan memperoleh Kredit Usaha Rakyat (KUR) sesuai usahanya untuk wilayah Bireuen melalui BRI, BNI dan Bank Mandiri tahun 2018 dengan bunga 7 persen setahun.

“Pinjaman KUR melalui BRI, BNI dan Bank Mandiri akan sangat membantu membangkitkan usaha rakyat kecil, dan jangan terpengaruh rentenir,” harap Junaidi. (Abu Iskandar)

BAGIKAN