Isteri Bupati Bireuen, Hj Fauziah akan membangun satu unit rumah tipe 30 untuk M Yakop (82), warga miskin di Dusun Kuta, Desa Alue Pineung, Kecamatan Makmur. dengan uang pribadinya.

KABAR BIREUEN – Isteri Bupati Bireuen, Hj Fauziah akan membangun satu unit rumah tipe 30 untuk M Yakop (82), warga miskin di Dusun Kuta, Desa Alue Pineung, Kecamatan Makmur.

Sumbangan tersebut bersumber dari dana pribadinya.

Kedatangan Hj. Fauziah dan rombongan pada Sabtu, (25/8/2018) pagi juga membawa semen dan pasir, sekaligus untuk meminta ditunjukkan di mana lokasi rumah baru dibangun.

Saat ini, M Yakop menempati rumah reot berdinding batang pinang, lantai tanah dan beratap daun rumbia.

Kepada Hj. Fauziah, M Yakop menuturkan sudah 30 tahun lebih menempati rumah tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, katanya, tak terhitung lagi berapa kali orang yang datang memotret lalu meminta foto copi KTP dengan janji membangun rumah.

Hana lon tudup go lee ka jilake KTP dan KK,” kata M Yakop dalam bahasa Aceh. Hal yang sama juga diutarakan tetangganya, Hasanah (36).

Dia melanjutkan, empat anaknya sudah menikah dan menetap jauh. Jangankan untuk membantu dirinya, untuk kebutuhan keluarga mereka saja tidak cukup, sementara sang isteri sudah meninggal pada tahun 1982.

Hj. Fauziah kepada Kabar Bireuen menjelaskan, mengetahui keberadaan rumah tidak layak huni tersebut berawal dari media sosial Facebook, kemudian langsung menelusuri kebenaran postingan tersebut.

“Di Facebook ada yang posting rumah kakek Yakop, setelah kami baca, kami kunjungi, ternyata benar harus kita bantu,” kata Hj Fauziah.

Untuk membangun rumah kakek Yakob tidak bisa diusulkan dari rumah duafa, karena yang bersangkutan tidak memiliki tanggungan.

Sayang nek nyan, sebab sidroe geuh hinan, sayang that wate takalen,” sebutnya. (Najib Zakaria).

 

BAGIKAN