KABAR BIREUEN – Puluhan peserta mengikuti lomba seumupeh (menggiling bumbu mengunakan batu giling tradisional) khusus laki-laki yang telah berumah tangga. Perlombaan unik ini mendapat aplaus luar biasa dari seratusan penonton yang menyaksikan.

Para peserta membuktikan, kaum bapak-bapak juga mampu melakukan pekerjaan sehari-hari yang lazimnya dikerjakan kaum perempuan.

Lomba seumupeh ini, salah satu perlombaan yang digelar di Gampong Bireuen Meunasah Capa, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, dalam rangkaian HUT RI ke-73.

Lomba yang dikemas Pemuda dan Remaja Dusun Kommes, gampong setempat ini, berlangsung di lapangan sepak bola, samping kantor Dinas PU, Jalan Gayo, Minggu sore (19/8/2018).

Ketua panitia pelaksana, Mahyar Saputra, Kepada Kabar Bireuen di lokasi Minggu sore (19/8/2018) mengatakan, kegiatan ini pesertanya terdiri dari laki-laki, khusus bagi warga yang sudah berumah tangga.

Para peserta harus mengunakan kain sarung saat mengikuti lomba, kata Mahyar Saputra, dalam sekali pertandingan diikuti lima orang peserta. Durasi waktu yang diberikan kepada peserta 3 menit.

“Hasil yang dinilai yaitu kelembutan dan kehalusan bumbu yang dihasilkan peserta mendapat nilai tertinggi dari tim penilai,” jelas ketua panitia ini Mahyar.

Salah satu peserta kepada Kabar Bireuen menjelaskan, keikutsertannya dalam perlombaan ini, bukan semata-mata untuk menjadi pemenang.

“Namun, ini untuk menunjukkan kepada keluarga tercinta, bahwa saya juga bisa mengerjakan pekerjaan yang sehari-hari dilakukan oleh wanita, meski hasilnya tidak sempurna,” sebutnya. (Herman Suesilo)

BAGIKAN