KABAR BIREUEN-Dandim 0111/Bireuen Letkol Inf Amrul Huda, S.E., M.M., M.Sc. turun langsung memimpin Personel Kodim 0111/Bireuen bergotong royong membersihkan Komplek Perumahan Dinas TNI-AD yang terbakar saat masa konflik dan akan dilanjutkan dengan penertiban pemanfaatan aset negara yang berada di bawah tanggungjawabnya, Rabu (28/3/2018)

Di sela – sela kegiatan gotong royong, Dandim menyampaikan, aset Negara c.q. TNI AD di lokasi tersebut luasnya 4,4 hektar. Ada 19 unit rumah dinas yang kondisinya rusak berat dan fasilitas umum berupa lapangan sepak bola.

Status aset tanah ini telah bersertifikat. Sebelum konflik aceh dulu rumah ini ditempati oleh TNI dari Satuan Yonif 111/KB. Saat ini status aset tersebut sudah beralih Kodal ke Kodim 0111/Bireuen.

Rencananya Kodim akan membangun kembali rumah-rumah yang rusak tersebut agar dapat digunakan sebagai rumah tempat tinggal khususnya bagi personel Kodi m yang belum memiliki tempat tinggal.

Penataan ulang kawasan tersebut juga merupakan bagian dari penyempurnaan rekonsilisasi menuju perdamaian yang abadi. Kondisi bangunan yang rusak tersebut jika terus dibiarkan seperti itu akan menimbulkan kesan “seram” sehingga perlu penataan.

Dandim 0111/Bireuen juga menambahkan acuan tentang penataan pemanfaatan aset negara sesuai Peraturan Pemerintah RI No 27 tahun 2014 tanggal 24 April 2014 tentang pengelolaan barang milik negara/daerah.

Selanjutnya, Permenkeu RI No 78/PMK.06/2014 tanggal 30 April 2014 tentang tata cara pelaksanaan pemanfaatan barang milik negara, Kepmenkeu RI No 403/PMK.06/2013 tentang tindak lanjut hasil penertiban barang milik negara pada kementerian/lembaga, dan Peraturan internal TNI lainnya.

Dandim mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah ikut berpartisipasi menjaga aset tersebut dan meminta kesediaan masyarakat membantu TNI melakukan pemurnian aset dari pemanfaatan yang tidak sesuai dengan aturan.

“Sekarang eranya tertib aturan dan tertib administrasi. Sebagai warga negara yang baik kita harus tunduk pada hukum dan aturan yang berlaku” demikian penekanan Dandim.

Namun demikian Kodim akan membantu warga yang akan pindah dari lokasi tersebut dengan memfasilitasi transportasi dan kebutuhan lainnya. “Prinsipnya aset negara harus diselamatkan dan tidak boleh ada pembiaran penyalahgunaan aset negara sekecil apapun”, Pungkas Dandim. (REL)

BAGIKAN