KABAR BIREUEN- Musabaqah Antar Dusun Gampong Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, berakhir dan ditutup secara resmi oleh Imum gampong setempat, Tgk. Darmadi, Sabtu (13/4/2019) malam.

Musabaqah Antar Dusun IV tersebut berlangsung 10-13 April 2019.

Tgk Darmadi dalam sambutannya pada penutupan musabaqah itu menyampaikan terima kasih kepada seluruh pemuda yang telah menyukseskan pelaksanaan musaqah antar dusun.

“Terima kasih kepada keuchik yang sudah mau menganggarkan Dana Desa untuk kegiatan ini, musabaqah ini lebih ke bidang Tauhid. Dimana masa dulu orang-orang sebelum kita semua mampu menghafal kitab Masailal dan i’tiqad 20 smpai 50,” sebutnya.

Namun, katanya, belum cukup dengan menghafalnya akan tetapi harus diteruskan lebih mendalam ke dayah-dayah.

“Insya Allah 10 tahun ke depan anak-anak kita bakal jadi penerus generasi yang mempunyai mental iman dan taqwa yang sehat rohaninya,” pungkasnya.

Keuchik Blang Bladeh, Amzir Ishak kepada Kabar Bireuen menyebutkan,
Musbaqah Antar Dusun yang dilaksanakan pihaknya berbeda dengan musabaqah lainnya.

“Musabaqah kita tidak fokus ke seni saja tapi lebih ke pengetahuan dasarnya sebagai modal dasar untuk menjadi manusia yang beriman dan bertakwa. Maka dari itu kami menanamkan ilmu tauhid kepada mereka melalui musabaqah ini,” jelasnya.

Perbedaannya lainnya dibandingkan musabaqah lain, setiap peserta yang tampil diharuskan baca qur’an dahulu 2 atau 3 ayat yang ditunjukan lansung oleh dewan hakim.

Tujuannya supaya mereka semangat dan cepat bisa dalam mempelajari Alqur’an.

“Ide pertama kegiatan ini adalah dari saya bersama pemuda-pemuda gampong, kita mulai sejak tahun 2015 dari dana yang dianggarkan dalam APBG sejak 2015 sampai sekarang serta sumbangan dari masyarakat, pengusaha bahkan dari warga yang merantau ke Malaysia,” ungkapnya.

Dikatakan Keuchik Amzir, juara umum Musabaqah Antar Dusun diraih Dusun Tgk. Haji Patan, tahun lalu juga juaranya Dusun Tgk. Haji Patan.

“Hadiah sepeda kepada dua peserta terbaik, yaitu juara 1, sepeda berasal dari sumbangan Tgk. H.Ismail, Toko Ulee Gunong Blang Bladeh, dan juara 2 pemberian Pak Amiruddin Idris, Rektor STIE Kebangsaan Bireuen yang berlokasi di Blang Bladeh,” kata Amzir.

Semua peserta musabaqah antar dusun, mulai Tingkat SD dan SMP juga mendapatkan hadiah buku walaupun mereka belum beruntung lulus ke final. (Ihkwati)

BAGIKAN