KABAR BIREUEN – Petugas medis dari Puskesmas Juli Dua, Ediar Saputra, riskika dan Siti Rafika mengajari murid MIN 50 Bireuen cara menggosok gigi yang baik dan benar di halaman sekolah tersebut, Jumat (27/7/2018).

“Lihat kemari, begini cara menggosoknya,” kata Ediar Saputra. Tangan kanannya menunjuk ke sebuah alat peraga. Murid murid terlihat sangat antusias mengikuti arahannya.

Sebelum anak-anak dikumpulkan di halaman sekolah untuk mempraktikkan cara gosok gigi yang benar. Petugas Puskesmas lebih dulu menjelaskan tujuan membersihkan gigi dan bagaimana cara melakukannya dengan benar di dalam kelas.

Ediar menjelaskan, gigi perlu dibersihkan dari sisa makanan yang menempel pada gigi. Agar dapat membersihkan gigi secara keseluruhan, cara sikat gigi pun harus dilakukan dengan benar.

Seorang petugas Puskesmas lainnya, Riskika, menambahkan, penyuluhan dan demonstrasi sikat gigi untuk murid SD dan MIN telah mereka dilakukan untuk sepuluh sekolah dalam wilayah kerja Puskesmas Juli Dua.

Sementara itu Kepala MIN 50 Bireuen, Darmawati, MAg mengucapkan terima kasih atas kerja sama dalam bidang kesehatan dengan Puskesmas Juli Dua.

“Puskesmas Juli Dua setiap tahun datang ke sekolah, mereka membina murid menjadi dokter kecil, lalu menjelaskan tentang perilaku hidup bersih dan sehat juga mengajari anak anak mengenali jajanan sehat,” sebut Darmawati. (Najib Zakaria)

BAGIKAN