KABAR BIREUEN – Keinginan puluhan tahun masyarakat Kecamatan Kutablang, Kabupaten Bireuen, untuk mewujudkan hari pekan di daerahnya akan segera terlaksana.

Pasalnya, camat bersama tokoh masyarakat telah menetapkan hari Minggu (16/9/2018) ini merupakan hari perdana pembukaan aktifitas tersebut.

Camat Kutablang, Mukhsen, S.Ag yang ditemui Kabar Bireuen, Kamis (13 /9/2018) menyebutkan, wacana pencanangan hari pekan di daerah yang dipimpinnya sudah lama disuarakan para tokoh masyarakat di wilayah kerjanya, namun baru kali ini keinginan mereka terpenuhi.

“Wacana pembukaan hari pekan sudah lama si sampaikan para tokoh masyarakat, tapi baru sekarang hal ini terlaksana,” sebut camat Mukhsen.

Mukhsen menambahkan, penetapan hari pekan tersebut sebelumnya telah dilakukan melalui mekanisme musyawarah dengan para tokoh masyarakat, keuchik dan muspika.

“Keinginan mereka saya sampaikan ke dinas terkait di kabupaten, sehingga disetujui hari Minggu sebagai hari pekan,” ujar Muhksen.

Untuk mengisi lokasi hari pekan, pihaknya telah mengundang pihak pedagang untuk berpartisipasi untuk berjualan meramaikan hari pekan.

“Sampai hari Kamis sudah ada 40 pedagang yang bersedia berjualan,” sebut Mukhsen.

Camat Muhksen berharap, kehadiran hari pekan di Kutablang dapat menambah pendapatan ekonomi rakyat juga bisa menampung tenaga kerja serta menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Untuk launching hari pekan tersebut, pada Sabtu (15/9/2018) malam akan diadakan acara seremonial pembukaan di pusat pasar Kutablang yang diisi dengan rapai dan kesenian daerah lainnya dan rencananya akan dihadiri Asisten I Setdakab Bireuen. (Faisal Ali )

BAGIKAN