KABAR BIREUEN-Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kabupaten Bireuen menggelar workshop untuk guru-guru SMP mata pelajaran PPKn se-Kabupaten Bireuen.

Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bireuen, diwakili Kabid Pembinaan SMP Disdikpora Bireuen, Drs, Teuku Syukri M.Pd. Kamis. (20/4/2017) sore, di SMPN 4 Bireuen.

Dalam inti arahannya, Teuku Syukri mengatakan, guru merupakan faktor kunci dalam meningkatkan mutu pendidikan, karena guru akan menghasilkan lulusan dari jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK.

“Siswa dapat lulus dengan baik, apabila dalam proses belajar mengajar guru dapat memberikan pelajaran kepada anak didiknya dengan baik,” harapnya.

Menurut dia, guru menjadi sektor yang sentral. Maka, guru juga dituntut untuk benar-benar berkompeten. Bahkan, amanah undang-undang guru harus mempunyai kompetensi sosial, kepribadian, metodelogi dan kompetensi profesional.

Pemkab Bireuen melalui Disdikpora Bireuen, mengapresiasi upaya MGMP Bireuen menggelar workshop terhadap guru mata pelajaran PPKn, dengan tujuan mengembangkan mutu guru.

Sehingga, sebutnya, guru akan menguasai kualitasnya. Dengan adanya Workshop ini, diharapkan para peserta dapat meningkatkan prestasi akademik dan profesionalisme guru di Kabupaten Bireuen.

“Mari kita semua menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini, karena kegiatan inilah yang akan memiliki peran strategis dalam mendorong peningkatan kualitas pendidikan kita,” ajaknya.

Pemerintah Daerah memupuk harapan agar peserta diharapkan nantinya dapat berpacu melakukan transformasi percepatan peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Bireuen.

“Sehingga dapat memberikan perubahan wajah dunia Pendidikan dan cita-cita yang mulia ini dapat terwujud dengan sempurna,” kata Teuku Syukri.

Sebelumnya, panitia pelaksana Mutiawati S.Pd, menjelaskan, kegiatan Workshop ini diselenggarakan dalam rangka mengkomunikasikan dan menyamakan pemahaman tentang materi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Menurut ketua MGMP SMP mata pelajaran PPKn Kabupaten Bireuen itu, kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan selama sepuluh kali pertemuan, atau dimulai sejak 20 April 2017, yang dipusatkan di SMPN 4 Bireuen.

“Jumlah peserta sebanyak 35 orang, terdiri dari guru SMP mata pelajaran PPKn se-Kabupaten Bireuen,” ujar Mutiawati.

Dari kegiatan ini, diharapkan dapat tersusun kisi-kisi materi PPK agar sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa khususnya mata pelajaran PPKn, pungkas ketua MGMP SMP mata pelajaran PPKn Kabupaten Bireuen. (Herman Suesilo).

 

 

 

 

 

 

BAGIKAN