KABAR BIREUEN – Dengan menumpang puluhan becak motor, mobil dan sepeda motor, Kamis (12/7/2018) sekira pukul 11.00 Wib, DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Bireuen menyerahkan berkas pendaftaran 40 Calon DPRK Bireuen ke KIP Kabupaten Bireuen, kawasan Paya Lipah, Kecamatan Peusangan.

Kehadiran Pengurus PBB Kabupaten Bireuen dan para Calon DPRK Bireuen dari PBB, diterima oleh Komisioner KIP Bireuen, turut disaksikan Komisioner Panwaslu Kabupaten Bireuen.

Ketua KIP Bireuen, Agusni, SP.,M.Si didampingi 4 Komisioner KIP dalam sambutannya menyampaikan, bahwa berkas pendaftaran Calon DPRK Bireuen yang diserahkan oleh parpol akan diteliti atau diverifikasi lagi.

“Dan jika ada yang tidak sesuai atau terdapat kekurangan akan kami kembalikan untuk diperbaiki, karena masih ada waktu melengkapi,” jelasnya.

Sambungnya, pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) pada 21 September 2018.

Menurut Agusni, tahapan pendaftaran Calon DPRK untuk Pemilu Legislatif 2019 dibuka sejak 4 – 17 Juli 2018. “Namun baru PBB yang mendaftarkan Calon DPRK ke KIP hari ini,” ungkapnya.

Selanjutnya, Ketua DPC PBB Kabupaten Bireuen, Drs. Muhammad Nur didampingi Sekretaris, Muzakkir dan Ketua MPC DPC, Murdani Yusuf menyerahkan berkas pendaftaran Calon DPRK Bireuen kepada Komisioner KIP Bireuen.

Ketua Majelis Pertimbangan Cabang DPC PBB Kabupaten Bireuen, Murdani Yusuf, SE kepada Kabar Bireuen mengatakan, jumlah Calon DPRK Bireuen yang didaftarkan ke KIP 40 orang, yang terdiri 26 laki-laki dan 14 perempuan.

“Untuk semua dapil penuh kuota calon yang kita daftarkan. Dan untuk kuota perempuan juga sudah memenuhi dari jumlah yang diwajibkan, yaitu 30 persen. Bahkan kita kuota perempuan mencapai 35 persen,” papar Murdani.

Masing-masing dapil, lanjut Anggota DPR Aceh dari PPP yang sudah hijrah ke PBB dan mencalonkan diri kembali ke DPR Aceh lewat parpol yang diketuai Yusril Ihza Mahedra ini menambahkan, jumlah keterwakilan perempuan sudah memenuhi ketentuan.

Sebelum mendaftar ke KIP, para Calon DPRK Bireuen dari PBB terlebih dahulu dipeusijuk (tepung tawar) oleh Tgk H. Muhammad Ishak yang biasa disapa Abon Cot Tarom di Posko PBB, Gampong Bireuen Meunasah Reuleut, Kecamatan Kota Juang.

Dalam tausiah singkatnya, Abon Cot Tarom mengingatkan para Caleg dari PBB agar selalu berpegang pada rukun iman keenam.

“Bahwa semua yang terjadi nanti dalam pemilu, terpilih atau tidak terpilih itu semua atas kehendak dan ketetapan dari Allah. Dan itu bukan pilihan kita, melainkan ketentuan Allah. Jika mau berpegang kepada qadha dan qadar maka akan membawa kita pada ketenangan jiwa,” pesan Abon Cot Tarom. (Rizanur)

BAGIKAN