KABAR BIREUEN-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-74 dan menyambut tahun baru islam 1441H Forum Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Jeunieb menggelar Pentas Seni Rakyat yang dipusatkan di lapangan Muspika setempat.

Seperti yang disampaikan Kapolsek Jeunieb Iptu Soeharto, SH melalui pesan WhatsApp Senin, (9/9/2019) siang, menyebut giat Pentas Seni Rakyat dalam rangka HUT RI ke- 74 serta menyambut Tahun Baru Islam 1441 H khusus menampilkan sejumlah seni budaya Aceh.

“Ada beberapa jenis seni budaya Aceh yang kita tampilkan di panggung hiburan rakyat diantaranya Seudati, Rebana Jeunieb, Tarian kreasi Sanggar Meuligo Bireuen, Hajroh Man Samalanga, Rapa’i Pruk, Tarian Sanggar seni Kecamatan Jeunieb dan Selawat Rapa’i Dayah Mudi Samalanga,” sebut Kapolsek.

Ia menambahkan kegiatan ini bertujuan menggalakkan kembali masyarakat kepada seni-seni budaya keuneubah indatu yang saat ini mulai dilupakan, sehingga memberikan motivasi semangat baru dalam upaya mengkampanyekan “tidak semua seni itu bertentangan dengan syariat islam”.

“Kami memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana Pentas Seni Rakyat, dan seluruh pihak atas partisipasinya sehingga acara berjalan dengan baik. Muspika Jeunieb terus melakukan koordinasi serta menjamin Keamanan dan ketertiban selama acara berlangsung,” jelas Kapolsek Jeunieb.

Ratusan masyarakat antusias mengikuti acara ini yang turut dihadiri oleh Camat Jeunieb M. Yusuf, S. Sos, Danramil Kapten. Inf Ali Akbar, para Keuchik, Imum mukim, tokoh adat dan tokoh agama serta unsur Muspika lainnnya.

Acara ini disponsori oleh lintas ormas diantaranya Asosiasi Pemuda Jeunieb Raya, Asosiasi Keuchik Kecamatan Jeunieb, Asosiasi Sekdes Kecamatan Jeunieb, Barisan Muda Ummat serta RAPI, didukung oleh Anggota DPRA terpilih Khalili, SH serta Anggota DPRK terpilih, diantaranya Taufik dari PNA, Tgk Razali Nurdin dari PDA dan M. Nasir Walet dari PA. (Al Fadhal/Jurnalis Warga)

BAGIKAN