KABAR BIREUEN- Lazimnya pelatih merangkap manajer sepak bola adalah pria. Namun, dalam turnamen Sepakbola Antar Pelajar SMA/SMK/MA, se-Kabupaten Bireuen, justru seorang wanita yang menjadi manajer merangkap pelatih.

Meski Tim  sepakbola yang ditanganinya kaum adam, bukanlah suatu rintangan dan kendala bagi Maiza Effenda SP. yang bertugas di Sekolah SMKPPN Bireuen, dibidang kesiswaan.

Maiza Effenda SP. (27), warga komes Kota Juang Bireuen ini, menjadi manajer tim sepakbola  dari SMKPPN Bireuen.

Apa yang dilakukan Maiza Effenda, sama halnya yang dilakukan oleh  para tim manajer sepakbola lainnya, di saat timnya sedang bertanding, baik di pertandingan tingkat regional, nasional bahkan internasional.

Maiza Effenda selaku tim manejer, selalu berada dipinggir lapangan untuk memberi dukungan dan memberi intruksi terhadap para pemain binaannya yang sedang bertanding.

Maiza tak sungkan-sungkan berteriak, apabila pemainnya melakukan kesalahan gagal menguasai bola  dilapangan.

Seperti yang dilakukannya saat timnya SMKPPN Bireuen berhadapan dengan SMAN 3 Peusangan di laga Piala Damai 2017, yang digelar di Stadion Utama Cot Gapu Bireuen,Selasa (1/5/2017).

Bahkan Maiza Effenda tidak pandang bulu untuk  menggantikan pemain dengan pemain lain, bila dinilai pemain itu, bermain tidak seperti pola yang ia terapkan.

Bahkan disaat waktu pertandingan jeda, Maiza, mengintruksikan supaya para pemaiinya bermain dengan pola menyerang dan bertahan, serta tidak melakukan pelanggaran diarea kotak pinalti sendiri.

Pola yang diterapkan Maiza pada pertandingan babak kedua membuahkan hasil, buktikannya Tim SMKPPN Bireuen menang tipis 1-0  atas SMAN 3 Peusangan dan melangkah ke putaran berikutnya.

Kehadiran sosok Maiza Effenda SP sebagai manajer tim sepakbola, sulit untuk dipercaya, bahkan panitia sendiri menduga kehadiran Maiza sebagai penonton biasa.

Panitia baru yakin setelah susunan pemain (SP) tim SMKPPN Bireuen, diserahkan kemeja panitia.

Di SP tersebut tertulis dengan jelas nama para pemain dan Manajer SMKPPN Bireuen atas nama Maiza Effenda SP.

Menurut salah satu panitia, sosok wanita menjadi manajer tim sepakbola yang para pemainnya lelaki semua, jarang terjadi.

Ini suatu pembuktian, sosok wanita juga mempunyai kemampuan untuk menjadi  manajer tim sepakbola yang notabennya para pemainnya lelaki semua.

“Sore ini, Ibu Maiza Effenda telah membuktikan.Apresiasi dari panitia kepada Ibu Maiza Effenda SP, atas kecintaannya terhadap sepak bola cukup besar,” sebutnya.

Setelah pertandingan usai, Maiza Effenda SP, kepada Kabar Bireuen mengatakan, dirinya menjadi Manajer tim secara kebutulan saja, pada posisi ini ia hanya mengantikan tim manajer sebenarnya yang sedang bertugas keluar daerah (DL).

Dijelaskan, kebetulan di Sekolah SMKPPN Bireuen, tugas saya dibidang kesiswaan, maka ia menggambil alih sebagai manajer tim.

Menurutnya, pada turnamen ini, timnya tidak ada target untuk  juara, pemain tidak melakukan latihan bersama, bisa dikatakan  tidak ada persiapan, karena anak-anak baru selesai ujian.

Namun demikian, kata Maiza. tim asuhannya ini, akan bermain secara maksimal. Alhamdulillah dengan rasa penuh kekompakan, percaya diri para pemain, tim SMKPPN Bireuen meraih kemenangan pada laga sore ini,

“Semoga hasil kemenangan yang kami peroleh hari ini, akan terulang kembali di pertandingan selanjutnya,” harapnya. (Herman Suesilo).

 

BAGIKAN