Pemerintah Gampong Leubu Cot, Kecamatan Makmur, sedang melayani warga.

KABAR BIREUEN – Untuk memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat, Keuchik Leubu Cot, Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen, mewajibkan aparatur bertugas sebagai piket harian di kantor keuchik setempat, mulai Januari 2018 ini.

Keuchik Leubu Cot, Sabri, kepada Kabar Bireuen menuturkan, pemberlakuan piket harian di kantornya merupakan bagian dari optimalisasi kinerja aparatur gampong dalam melayani berbagai kebutuhan masyarakat.

“Dengan aktifnya kantor keuchik, kita harapkan segala persoalan masyarakat dan juga administrasi lainnya bisa cepat selesai,” kata Sabri.

Dia mencontohkan, selama ini pengurusan administrasi, semisal surat, sering dikerjakan warga di tempat lain. Seperti di warung-warung kopi dan tempat foto copy terdekat.

“Sekarang, pemerintahan gampong siap melayani warga di kantor keuchik setiap hari kerja. Kecuali Sabtu dan Minggu, mulai pukul 08.00 sampai 21.00 WIB,” jelasnya.

Namun demikian, sebut Sabri, pemerintahan gampong tetap melayani warga di luar jam kantor pada hari Sabtu dan Minggu.

Untuk bisa melayani 630 jiwa dari 142 Kepala Keluarga di desa tersebut, keuchik mengaktifkan 3 orang Kaur dan 4 kadus serta sekdes. Kepada mereka diwajibkan hadir dua orang dalam sehari secara bergantian, sesuai daftar piket yang telah ditetapkan.

“Kami berlakukan absen kepada piket yang telah ditetapkan,” ujar Keuchik Sabri.

Baihaki, salah seorang anggota Tuha Peut Desa Leubu Cot, menyambut positif program tersebut. Menurutnya, dengan terfokusnya pelayanan di satu tempat, warga lebih mudah mengurus segala kebutuhan.

“Kami sangat mendukung perkembangan program kerja pemerintahan gampong, sehingga pelayanan masyarakat lebih sempurna,” imbuh Baihaki. (Faisal Ali)

 

 

BAGIKAN