KABAR BIREUEN-Sebanyak 29 mahasiswi Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim diterjunkan ke desa dalam rangka  melaksanakan program asuhan komunitas atau Praktik Belajar Lapangan (PBL)  di lima desa dalam Kecamatan Kutablang.

Hal itu disampaikan Direktur Diploma III Kebidanan Umuslim melalui Kabag Humas Universitas Almuslim,  Zulkifli, M.Kom, usai penyerahan mahasiswi  tersebut kepada Camat Kutablang  yang diwakili Kasie Keistimewaan Aceh, Nurhasanah, SE, Kamis (27/12/2018) di kantor camat setempat,

Dikatakan Zulkifli, mereka nantinya di setiap desa akan  ditempatkan sebanyak  5-6 orang mahasiswi dan berada di desa selama satu bulan, dalam melaksanakan pengabdian  mereka akan dibimbing sejumlah dosen pembimbing.

Saat penyerahan  di kantor camat Kutablang, Direktur Diploma III Kebidanan Nurhidayati, MPH, menyampaikan, pengabdian dalam bentuk program asuhan kebidanan komunitas ini merupakan satu program wajib bagi mahasiswi yang menempuh pendidikan pada Diploma III Kebidanan Umuslim.

“Harapan kita setelah praktik ini mahasiswi dapat menimba pengalaman dalam pendekatan manajemen kebidanan berbasis komunitas,” sebut Nurhidayati yang pernah menyandang bidan teladan kabupaten Bireuen ini.

Sementara itu, Camat Kutablang diwakili Nurhasanah,SE, mengucapkan terimakasih atas dipilihnya Kecamatan Kutablang sebagai lokasi pengabdian mahasiswi Kebidanan Umuslim.

“Mereka akan ditempatkan di lima desa dalam wilayah Kecamatan Kutablang, diantaranya Desa Buket Dalam, Desa Glee Putoh, Desa Crueng Kumbang, Desa Paloh Raya dan Desa Parang Sikureung,” jelasnya.

Penyerahan mahasiswi yang akan melaksanakan praktik asuhan kebidanan komunitas ke desa di Kecamatan Kutablang tersebut selain dihadiri mahasiswi, pembimbing lapangan juga hadir  Muspika Kutablang dan keuchik dari desa lokasi penempatan mahasiswi. (Ihkwati)

BAGIKAN