KABAR BIREUEN – Sebanyak 240 mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Bireuen dilepas pemerintah setempat untuk mengabdi kepada masyarakat di Kecamatan Peudada, Peusangan Selatan dan Gandapura.

Para peserta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Angkatan XVII Tahap II tersebut diserahterimakan dari pihak rektorat kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen di halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Bireuen, Kamis (7/2/2019) pagi.

Rektor Umuslim, Dr. H. Amiruddin Idris, SE., M.Si yang diwakili Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Ir. H. Saiful Hurry, M.Si dalam sambutannya mengatakan, tolak ukur keberhasilan kegiatan KKM ini, diharapkan dapat memberikan nilai tambah pada beberapa hal.

Di antaranya, pendewasaan mahasiswa calon pemimpin dan pengabdi di masyarakat. Tercipta dan meningkatnya jiwa pengabdian ilmu dan partisipasi aktif mahasiswa serta dosen dalam membangun desa (gampong). Selain itu, menambah pengalaman ilmu nyata di masyarakat, sehingga terjadi penguatan kemampuan intelektualnya.

Kepada para mahasiswa peserta KKM, diharapkan agar dapat beradaptasi dengan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan ini,  sebagaimana  yang  telah  direncanakan.

“Sehingga, masyarakat dapat merasakan manfaatnya dan memiliki nilai tambah dalam membantu bersama membangun masyarakat ke arah yang lebih baik,” harap Rektor Umuslim.

Sementara itu Ketua Badan Pelaksana (Bapel) KKM Umuslim, Drs. Syarkawi, M.Ed dalam keterangannya kepada wartawan, menjelaskan, peserta KKM Angkatan XVII Tahap II ini berjumlah 240 orang.

Mereka berasal dari enam Fakultas, yakni Fakutas Pertanian (FP) sejumlah 19 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sejumlah 97 orang, Fakultas Teknik (FT) sejumlah 19 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) 23 orang, Fakultas Ekonomi (FE) sejumlah 48 orang dan Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) sejumlah 34 orang.

Menurut Syarkawi, mereka akan ber-KKM di 48 gampong (desa) dalam tiga kecamatan tersebut. Setiap gampong ditempatkan lima mahasiswa dan ditugaskan 12 orang Dosen Pembimbing Lapangan. Mereka masing–masing akan mensupervisi empat gampong.

Para peserta KKM tersebut akan mengabdi selama 37 (tiga puluh tujuh) hari. Terhitung mulai hari ini, Kamis, 7 Februari hingga 15 Maret 2019.

“Menjelang akhir program KKM ini atau paling telat satu minggu sebelum berakhir, akan dilakukan Monev (monitoring dan evaluasi) oleh pimpinan Rektorat dan Dekanat Universitas Almuslim,” jelas Syarkawi.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Ir. H. Saiful Hurry, M.Si menyerahkan para peserta KKM kepada Bupati Bireuen yang diwakili Sekda Ir. Zulkifli, Sp. Selanjutnya, diserahkan kepada ketiga camat masing-masing (Peudada, Peusangan Selatan dan Gandapura), sebagai tempat mereka mengabdi. (Suryadi)

 

BAGIKAN