KABAR BIREUEN-Mahasiswa dari STIKES Payung Negeri Aceh Darussalam Kampus B, Bireuen, prodi S1 Kesehatan Masyarakat, mengikuti program Praktek Belajar Lapangan (PBL) III, selama satu bulan.

Ke 53 orang mahasiswa tersebut,  melakukan PBL di tujuh gampong dalam Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen, setiap gampong didamping satu orang dosen pembimbing.

Ketuju gampong tersebut, yakni, Gampong Weujangka 8 orang, Cot Batee 8 orang, Cot U Sibak 8 orang, Balee Kuyun 8 orang, Cot Laga Sawa 9 orang, Kuta Baro 6 orang, dan Geulumpang Baroh 6 orang.

Prosesi serah terima mahasiswa-mahasiswi dari pihak kampus kepada camat dan keuchik gampong berlansung di Aula kantor camat setempat, Senin (4/3/2019).

Pada kesempatan itu, Camat Kuala, Mirza Fahmi,SSTP berharap kehadiran para mahasiswa dan mahadiswi untuk melakukan PBL di beberapa gampong dalam wilayahnya dapat menjadi ujung tombak perubahan dan mampu meningkatkan kesejahteraan kesehatan  masyarakat.

Dengan ilmu yang anda dapat di kampus itu bisa diaplikasikan di gampong-gampon sehingga nantinya masyarakat lebih mengerti lagi, betapa pentingnya kesehatan.

Selain itu, mengikuti aturan dan tatacara istiadat di masing-masing gampong, dan selalu berkoordinasi baik dengan keuchik ataupun perangkat gampong meski kalian tidak menginap, ujar Camat Kuala ini.

Sementara itu, Koordinator STIKES Payung Negeri Aceh Darussalam Kampus B, Sri Wahyuni,SKM, MKM mengatakan, kegiatan PBL ini bertujuan untuk  mengembangkan, meapresiasikan ilmu-ilmu diperoleh di kampus, terhadap bagaimana kita terapkan kepada masyarakat.

Diantaranya terkait kesehatan lingkungan, gizi ibu hamil dan balita dan cara membuang sampah yang baik.

“Para mahasiswa diharapkan untuk menjaga keharmonisan dan adat istiadat saat berada di gampong, kalau ada masalah dapat berkoordinasi dengan Keuchik dan kampus,” ujarnya. (Herman Suesilo)

BAGIKAN