KABAR BIREUEN– Beberapa pekan lalu, salah satu penulis muda asal Simpang Mamplam, Bireuen meluncurkan dua karyanya sekaligus.

Acara peluncuran tersebut berlangsung di mushalla bawah sakan Dakhily, Universitas Al Ahgaff, Tarim, Hadhramaut, Yaman.

Turut hadir dalam acara Ketua Depertemen Pendidikan dan Dakwah PPI Hadhramaut, Ricky Faishol, staf-stafnya, para tamu undangan serta audiens yang memadati mushalla tersebut.

Acara peluncuran yang dimulai pukul 20.30 waktu Yaman tersebut dimoderatori oleh Suhaimi dengan mempersilahkan langsung kepada penulis sekaligus narasumber di malam itu juga.

Penulis yang dimaksud adalah Yunalis bin Abdul Gani B.Sc, mahasiswa jenjang Magister Universitas Al Ahgaff program Usul Fikih.

Di awal pembicaraannya, putra asal Bireuen yang telah menyelesaikan strata satunya beberapa bulan lalu ini menjelaskan tentang kronologi penulisan kedua bukunya itu ‘Hadhramaut Negeri Impian’ dan Tanyakan Aku Seputar Mazhabmu!’.

Kedua buku tersebut merupakan buah karyanya yang ia hasilkan dalam beberapa bulan terakhir ini.

Sesi pertama berlangsung launching serta bedah buku ‘Hadhramaut Negeri Impian’ selama kurang lebih 45 menit. Setelah itu berlanjut ke buku keduanya ‘Tanyakan Aku Sepurat Mazhabmu!.

Menurut pria alumnus Ummul Ayman Boording School itu, ada beberapa keistemewaan buku kehadhramautan ini di banding buku-buku Hadhramaut lainnya, karena dalam buku ini, sang penulis berhasil memadukan antara tiga genre sekaligus sejarah, travelling dan biografi.

“Buku ini akan menyuguhi kepada pembaca seluk-beluk negeri para wali ini. Mulai dari sejarah singkat negeri Hadhramaut, kota-kota penting Hadhramaut, tempat sakral dan bersejarah di Hadhramaut, beberapa biografi cendekiawan serta para nabi yang diutus Allah SWT di negeri Hadhramaut ini. Dengan membaca buku ini, pasti pembaca bisa membayangkan bahwa Hadhramaut ini negeri yang diimpikan banyak orang,” paparnya.

Sedangkan buku yang kedua merupakan buku berisi 500 tanya jawab seputar mazhab Imam Syafi’i. Lewatnya, penyusun mengupas tuntas segala sesuatu yang berhubungan dengan mazhab Imam Syafi’i.

Mulai dari memoar singkat sang pencetus mazhab, fase kehidupan sang Imam, fase terbentuknya mazhab, ulama-ulama dalam mazhab Imam Syafi’i, istilah-istilah ulama dalam mazhab Syafi’i hingga rumus-rumus penting yang terdapat dalam kitab mazhab Syafi’i.

Di akhir sesi, acara yang penuh antusias itu juga di isi dengan pembagian doorprize berhadiah dua buku kepada para audiens yang beruntung.

Acara berjalan tertib dan lancar hingga berakhir ketika jam menunjukkan pukul 22.00 waktu Yaman.

Semoga bukunya bermanfaat bagi pembaca dan semoga semakin melejit semangatnya dalam meruahkan tinta pena untuk menghasilkan karya-karya selanjutnya. (Yunalis Abdul Gani B.Sc / mahasiswa pascasarjana Universitas Al Ahgaff , Yaman)

 

 

 

 

BAGIKAN