Lima bakal calon keuchik Cureh Desa Geulanggang Gampong Kecamatan Kota Juang, Bireuen menjalani tes baca Alquan, Rabu (21/2/2018) di meunasah gampong setempat

KABAR BIREUEN – Lima bakal calon keuchik Cureh Desa Geulanggang Gampong  Kecamatan Kota Juang, Bireuen menjalani  tes baca Alquan, Rabu (21/2/2018) di meunasah gampong setempat.

Lima bakal calon kepala desa yang bersaing di pemilihan keuchik Cureh Geulanggang Gampong periode 2018-2024 yaitu, Teuku Saifunna, Fauzi AR, Teuku Bantasyah ST, Akmaluddin S. Pd dan Safrizal. Mereka dites baca Alquran oleh tim dari Kementerian Agama Kabaputen Bireuen.

Kepala KUA Kota Juang, Tengku Ismuar S.Ag, menjelaskan, kebijakan baca Alquran tersebut dilaksanakan sebagai wujud kepedulian Pemkab terhadap pengamalan nilai-nilai keagamaan, dapat lebih bangkit sejak dini di pelosok pedesaan.

“Apabila bakal calon keuchik tidak mampu membaca Alquran secara otomatis dianggap tidak memenuhi syarat mengikuti kompetisi pemilihan kepala desa berdasarkan jadwal yang telah ditentukan,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua panitia pemilihan Keuchik, Iskandar yang didampingi Hendra Putra mengatakan, dalam pelaksanaan seleksi kompetensi baca Alquran tersebut, P2K melibatkan pihak dewan juri ahli baca Alquran yang berasal dari Kementerian Agama Kabupaten Bireuen untuk melakukan penilaan kelayakan.

Pelaksanaan tes baca Alquran bagi bakal calon keuchik tersebut dilaksanakan secara bergilir dan tranparan juga disaksikan oleh masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekcam Kecamatan Kota Juang, Anggota DPRK Bireuen yang juga Tengku Imum Gampong, Tengku Amriadi, PJ Kepala Desa Geulangang Gampong, Azhar Ibrahim, Tuha Peut, pemuda dan masyarakat Cureh. (Ihkwati)             

BAGIKAN