KABAR BIREUEN – Sungai Krueng Tuan, kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara, kini menjadi incaran dan dipenuhi pengunjung untuk berwisata , Sabtu ( 25/8/2018).

Sungai yang dipenuhi bebatuan besar layaknya Krueng Batee Iliek itu masih terlihat asri dan sejuk, disisi kiri kanan sungai pepohonan dan semak belukar tumbuh hijau nampak segar dipandang mata.

Hamdan, salah seorang pengunjung dari Tambon Kruenggeukuh, Aceh Utara yang ditemui media mengatakan, suasana alam yang sejuk dan air juga bersih membuat dia suka berwisata di Krueng Tuan ini.

“Saya suka dengan suasana alamnya yang masih alami, apalagi yang membawa keluarga anak mereka bisa mandi disini,” ungkap Hamdan.

Berbekal karcis parkirĀ  Rp 10 ribu untuk kendaraan roda empat dan Rp 5 ribu untuk roda dua yang dikutip para pemuda di pintu masuk, para pengunjung bisa menikmati suasana alam dan bebas mandi di sungai disertai keluarga mereka.

Sungai yang melintasi jalan KKA- Takengon itu kini sedang diminati warga apalagi suasana lebaran,

“Kalau lebaran banyak pendatang singgah disini untuk mandi bersama keluarga mereka, tapi jika hari biasa seperti Sabtu dan Minggu tidak banyak begini,” kata Helmi, seorang penjual di sana.

Dengan banyaknya peminat, warga Desa Krueng Tuan pun ketiban rezeki, sebanyak 13 tempat berjualan warga bertengger di pinggir sungai dengan aneka sajian untuk dinikmati.

“Dalam sehari berdagang di sini laku Rp 1-2 juta, ” ucap Nurmi, pedagang di sana.

Disamping berjualan aneka minuman siap saji, mereka juga menjual mie, rujak serta buah – buahan segar lainnya.

Untuk anak – anak yang ingin berenang, warga juga menyediakan ban mobil untuk disewakan.

Bagi yang ingin ban kecil cukup merogoh kocek Rp 5.000 dan yang besar Rp 10 ribu.

“Bagi warga yang ingin berwisata ke Batee Iliek di Bireuen, inilah Krueng Tuan kembarannya,” ujar Bang Rum penjual es cream. (Faisal Ali)

 

BAGIKAN