KABAR BIREUEN-Bupati Bireuen, H. Saifannur, S.Sos, secara resmi melepas pawai takbir di halaman Pendopo setempat, Kamis (14/6/2018).

Ratusan peserta pawai dilepas dari titik start di halaman Pendopo setempat setelah pemukulan beduk oleh Bupati.

Dalam sambutannya Bupati Bireuen mengatakan, pelaksanaan pawai takbir Hari Raya ini setidaknya memiliki empat hikmah dan intisarinya antara lain, meningkatkan syiar dan dakwah yaitu dakwah bil hal (perbuatan), dengan secara berjamaah kita meng-agungkan asma Allah melalui berzikir dan takbiran keliling.

Meningkatkan ukhuwah islamiyah (persaudaraan) antar sesama muslim dengan sering berkumpul dan mengerjakan Syiar Islam secara bersama

Sebagai wujud syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberikan bermacam nikmat terutama kita yang melaksanakan puasa Ramadan yang bertujuan untuk mendapat ridha Allah.

Semakin memupuk rasa kebersamaan dan kesetiakawanan, sosial serta meningkatkan persatuan dan kesatuan antar sesama kaum muslimin.

Saifannur berpesan kepada peserta pawai agar mengumandangkan takbir sebagai tanda kemenangan dan menyambut hari Raya Idul Fitri.

“Kepada seluruh peserta pawai takbiran agar senantiasa menjaga ketertiban keamanan ketentraman dan kedamaian serta menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat merugikan kita semua,” pesannya.

Marilah kita melaksanakan pawai takbir ini dengan penuh khusu’ tertib, aman, damai dan lancar dengan mengumandangkan takbir, tasbih dan tahmid agar kita lebih mendekatkan diri kepada sang khalik Allah SWT.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bireuen maupun atas nama pribadi saya ucapkan selamat hari Raya Idul Fitri 1439 H, mohon maaf lahir batin,” ujarnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Syariat Islam Bireuen, H. Jufliwan M Ali, SH.,M.M mengatakan, pawai takbir dimeriahkan oleh seratusan mobil dari instansi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen beserta perwakilan masyarakat dibagi dua wilayah, barat dan timur.

Rute pawai takbir wilayah barat dipimpin langsung oleh Bupati Bireuen, H. Saifannur, S.Sos, didamping Ketua DPRK Bireuen dan Forkompimda.

Sementara wilayah timur dipimpin Wakil Bupati Bireuen, Dr. H. Muzakkar A Gani, SH., M.Si didamping Sekda Bireuen Ir. Zulkifli, Sp, jelas Jufliwan. (Herman Suesilo).

BAGIKAN