KABAR BIREUEN-Lembaga Pers Mahasiswa Suara Almuslim (LPM SA) Universitas Almuslim Bireuen lakukan pembinaan jurnalistik kepada masyarakat pedesaan.

Tujuan utama kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat desa tentang ilmu jurnalistik.

Hal tersebut disampaikan oleh Pimpinan Umum LPM SA, M. Ridha Irham saat kegiatan mentoring reguler Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Meunasah Gampong Seuneubok Rawa Kecamatan Peusangan, Minggu (24/3/2019).

“Pertama sekali kami berterimakasih kepada KIM Gampong Seuneubok Rawa yang telah memberi kepercayaan kepada kami sebagai mitra dalam mendampingi dan membina masyarakat terkait ilmu jurnalistik,” papar mahasiswa yang akrab dipanggil Ridha.

Tujuan dari pembinaan tersebut, katanya, untuk mengajarkan warga khususnya remaja dan pemuda untuk menulis serta menghasilkan karya-karya lainnya yang berhubungan dengan dunia jurnalistik.

Selain itu, Ridha juga merasa bangga atas kepercayaan yang diberikan kepada organisasi kampus sebagai pendamping masyarakat. Ia berharap LPM SA dapat menjadi mitra baik desa atau lembaga terkait yang selalu memberikan manfaat positif bagi masyarakat.

Menurutnya, hal tersebut menjadi kesempatan bagus bagi mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat sesuai kemampuannya.

Keuchik Gampong Seuneubok Rawa menyampaikan apresiasinya kepada LPM SA yang bersedia menjadi mitra gampong untuk membina masyarakat.

“Saya kira inilah salah satu tugas mahasiswa sebagai tri darma perguruan tinggi untuk mengabdi kepada masyarakat. Mentrasfer ilmu-ilmu yang telah dimilikinya serta bermanfaat bagi bangsa dan negara,” pungkasnya.

Nurmalis, pembina KIM berharap kerjasama tersebut dapat berlangsung lama hingga peserta didik mandiri dalam mengolah informasi minimal tingkat gampong.

“Sangat beruntung kami mendapatkan mitra yang bersedia menjadi relawan dalam mendampingi masyarakat khususnya terkait jurnalistik. Karena pendidikan jurnalistik sangat penting bagi anggota KIM di gampong,” jelas Nurmalis.

Mentoring reguler KIM rutin dilaksanakan setiap minggu di Gampong Seuneubok Rawa dengan melibatkan pemuda dan remaja.(Ihkwati)

BAGIKAN