KABAR BIREUEN – Camat Kutablang, Mukhsen, S.Ag, meminta kepada keuchik, agar sabar dan tabah dalam bekerja. Dalam memimpin, kadang-kadang keuchik perlu juga harus bersikap “teubai punyueng (tebal telinga)”.

Kata kiasan dalam bahasa Aceh tersebut bermakna, tidak perlu ditanggapi jika ada warga yang mencibirnya, karena tidak sejalan dalam membangun gampong.

“Untuk menghindari permasalahan yang sering terjadi di gampong, sebelum menentukan fokus pembangunan, keuchik harus bermusyawarah dan mufakat dengan Tuha Peut, Tuha Lapan, aparatur gampong dan warga,” ujar Camat Mukhsen dalam kata sambutannya saat melantik Muhammad Hasan sebagai Keuchik Pulo Blang Periode 2019-2025 dan Ibnu Kasir Ahmad menjadi Mukim Kuta Meusee di meunasah Gampong Pulo Blang, Kecamatan Kutablang, Kabupaten Bireuen, Kamis (17/1/2019).

“Saya minta juga kepada warga gampong Pulo Blang, hari ini saya melantik Keuchik, jangan sampai beberapa hari atau bulan kedepan ramai-ramai warga datang Kantor Camat meminta keuchik diturunkan, untuk menurunkan keuchik tidak mudah kecuali keuchik melakukan tindakan pidana, misalnyanya pembunahan dan korupsi, itupun berdasarkan keputusan pengadilan,” ujarnya.

Selain itu, Mukhsen juga mengharapkan kepada warga jika ada masalah di gampong, agar langsung ditanyakan kepada keuchik. Jangan mempertanyakan dengan menulisnya di media sosial.

“Saya meminta kepada warga, agar bijak menggunakan media sosial. Jika persoalan di gampong diumbar ke media sosial, dikhawatirkan permasalahannya akan melebar ke mana-mana. Makanya demi kebaikan kita semua, lebih baik ditanyakan langsung kepada keuchik,” harap Mukhsen.

Sementara Muhammad Hasan dalam kata sambutannya, berjanji akan memimpin Gampong Pulo Blang dengan penuh tanggung jawab. Dalam membangun gampong, dia lebih memfokuskan bidang sumber daya manusia dan pengembangan ekonomi masyarakat.

“Hari ini saya telah dipercayakan memimpin gampong Pulo Blang ini. Saya berharap, warga sama-sama ikut mendukungnya, agar ke depan gampong kita lebih maju lagi,” ajak Keuchik Hasan.

Acara pelantikan Keuchik Pulo Blang dan Mukim Kuta Meusee tersebut turut dihadiri Wakil Ketua DPRK Bireuen Athaillah M. Saleh, MA dan anggota DPRK Bireuen Salman Ibrahim serta unsur Muspika Kutablang. (REL)

BAGIKAN