KABAR BIREUEN – Jajaran Komisioner KIP Kabupaten Bireuen beserta sekretaris KIP Bireuen melakukan siraturrahmi dengan Dandim  0111/Bireuen, Letkol Inf. Amrul Huda, Senin (19/3/2018) di Makodim setempat.

Menurut Ketua KIP Bireuen, Dr. Mukhtaruddin, SH.,MH, kunjungan tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh KIP Bireuen dengan forkopimda termasuk Dandim 0111/Bireuen.

“Disamping itu, kunjungan tersebut juga dilakukan dalam rangka pembahasan pelaksanaan tahapan dan tantangan pemilu 2019 nantinya. Agar proses pelaksanaan tahapan pemilu berjalan dengan tertib, aman dan lancar,” kata Mukhtaruddin kepada Kabar Bireuen, Selasa (20/3/2018).

Kepada Dandim, Ketua KIP Kabupaten Bireuen menyampaikan,  bahwa pelaksanaan tahapan pemilu 2019 sudah dimulai, dan salah satu tahapan telah selesai dilaksanakan yaitu pembentukan badan adhoc penyelenggara pemilu yang mencakup pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Kami juga menyampaikan kepada Dandim, bahwa kualitas penyelenggara pemilu semakin baik. Pelaksanaan pemilu tahun 2014 dan pilkada tahun 2017 yang lalu berjalan dengan aman dan lancar, tidak ada kendala yang menghambat tahapan pelaksanaannya. Mudah-mudahan pemilu 2019 nantinya akan lebih baik dan terlaksana dengan aman, tertib dan lancar,” jelas Mukhtaruddin.

Dandim 0111 Bireuen, didampingi Kasdim berterima kasih kepada KIP Bireuen atas kunjungan siraturrahmi yang sempat tertunda beberapa kali tersebut.

“Dengan penyampaian kondisi Bireuen saat ini akan memudahkan bagi kami untuk menjaga keamanan penyelenggaraan pemilu nantinya,” ujar Dandim 0111/Bireuen, Letkol Inf. Amrul Huda.

Terkait tantangan pada pemilu 2019, Dandim juga menyinggung bagaimana proses pemutakhiran data pemilih di Kabupaten Bireuen.

“Dalam pemilu tahun 2019 setiap pemilih harus punya KTP elektronik, dan dalam hal ini KIP Kabupaten Bireuen terus membangun komunikasi dengan Disdukcapil melalui pemerintah daerah agar setiap warga negara dapat terakomodir hak pilihnya sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang,” jelas Nurdin, SE, komisioner yang membidangi data pemilih.

Dalam kesempatan tersebut Dandim menyampaikan, dirinya memastikan seluruh jajarannya siap membantu tugas-tugas KIP Bireuen agar berjalan dengan lancar selama tidak menyalahi aturan.

Selain itu, Dandim juga berharap agar Komisioner KIP Bireuen beserta jajarannya menjaga netralitas dengan baik sebagai penyelenggara.

Mengakhiri pertemuan, Ketua KIP Bireuen menyampaikan akan senantiasa menjaga netralitas penyelenggara, dan selalu membangun komunikasi dengan forkopimda demi lancarnya pelaksanaan pemilu ke depan. (Rizanur)

 

 

BAGIKAN