KABAR BIREUEN – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bireuen melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2019.

Simulasi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tersebut berlangsung di halaman Meuligoe Bireuen, Kamis (11/4/2019).

Pemilih pada simulasi pemungutan dan penghitungan suara itu dari Desa Bandar Bireuen yang merupakan pemilih di TPS tersebut. Selain itu, pemilih pindahan dari sejumlah desa di kecamatan lainnya.

Ketua KIP Kabupaten Bireuen Agusni SP pada pembukaan simulasi mengatakan, yang dipraktikkan pada simulasi persis sama dengan pelaksanaan pada hari pemungutan suara. Simulasi itu melibatkan 250 pemilih.

“Ini merupakan proses pembelajaran bagi kita semua mulai pencoblosan, penghitungan dan perekapan suara oleh KPPS. Sebagai pembanding, simulasi di provinsi beberapa hari lalu baru selesai jam dua malam,” kata Agusni.

Sementara itu, Komisioner KIP Bireuen lainnya, Amiruddin SE di sela-sela kegiatan simulasi mengatakan, bagi pemilih yang merupakan pendudukan Desa Bandar Bireuen, Kota Juang mendapat lengkap lima jenis surat suara yaitu Presiden – Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRA dan DPRK.

“Begitu pula bagi pemilih pindahan yang masih dalam satu dapil DPRK yaitu Kota Juang dan Kuala mendapat surat suara lengkap, sementara pemilih dari kecamatan yang berbeda dapil DPRK hanya mendapat empat surat suara atau tidak bisa memilih calon DPRK,” jelasnya.

Simulasi tersebut turut dihadiri pejabat unsur Forkopimda Bireuen, para komisioner KIP Bireuen, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 17 kecamatan dengan pemilih dari sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Bireuen. (Ihkwati)

BAGIKAN