KABAR BIREUEN Ketua LVRI Kabupaten Bireuen AR Djoeli pada upacara peringatan hari Pahlawan, Sabtu (10/11/2018) di meuligoe Bireuen  turut menyampaikan pesan-pesan perjuangan tujuh pahlawan nasional.

Soekarno dalam pidatonya pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 1961.“Berikan aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Dan berikan aku sepuluh pemuda niscaya akan kuguncang dunia”.

Pesan perjuangan Mohd Hatta, pahlawan yang setia itu berkorban, bukan dikenal namanya, tetapi semata-mata untuk membela cita-cita.

Jenderal Sudirman dalam pesan perjuangannya, tempat saya yang terbaik adalah ditengah-tengah anak buah, Saya akan meneruskan perjuangan. Met Of Zonder Pemerintah, TNI akan berjuang terus.

Dalam pidato perjuangan Bung Tomo melalui Radio Pemberontakan terhadap Belanda, berpesan Jangan mempoerbanyak lawan, tetapi perbanyaklah kawan.

Pattimura dalam pesan perjuangannya saat akan menjalani hukuman mati digantung Belanda di kota Ambon 16 Desember 1817 berpesan, Pattimura-Pattimura tua boleh dihancurkan, tetapi kelak Partimura-Pattimura muda akan bangkit.

Dua diantara pahlawan nasional di Aceh, masing-masing Teuku Nyak Arief dalam pidatonya yang disampaikan pada bulan Maret 1945, berpesan Indonesia merdeka harus menjadi tujuan hidup kita bersama.

Cut Nyak Nyak Dhien salah seorang pahlawan nasional wanita dari Aceh dalam pesan perjuangannya, kita tidak akan menang bila kita masih terus mengingat semua kekalahan. Kewajiban berusaha milik kita, hasil milik Allah.

Usai upacara, dilanjutkan ziarah ke makam pahlawan Kolonel Husin Yusuf dan Letda Ummi Salamah di Desa Geulumpang Payong, Kecamatan Jeumpa, Bireuen

Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK bertindak sebagai Irup dalam upacara militer di makam tersebut.

Upcara Ziarah diawali dengan peletakan karangan bunga oleh Irup AKBP Gugun Hardi Gunawan disusul dengan tabur bunga Bupati Bireuen H Saifannur S Sos, Wakil Bupati DR H Muzakkar A Gani,SH, M Si, Ketua DPRK Bireuen, Ridwan Muhammad,SE, M Si dan para unsur Forkopimda. (H.AR Djuli).

BAGIKAN