KABAR BIREUEN – Teungku Zulfitri, kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Samalanga berhasil meraih juara pertama pada lomba Qiraatul Kutub (baca kitab kuning) tingkat ASN pada Porseni XVI Kemenag Aceh di aula kantor LPTQ Kota Subulussalam, Rabu (11/7/2018) sore.

Sementara juara dua diraih peserta dari Kemenag Pidie Jaya dan juara tiga dari Kemenag Nagan Raya.

Teungku Zulfitri menuturkan, pada babak penyisihan peserta Qiraatul Kutub yang diikuti oleh seluruh utusan dari Kemenag Kabupaten/Kota diujibdengan membaca dan menerjemahkan kitab Fathul Mu’in dihadapan tiga majelis hakim.

“Alhamdulillah bisa saya selesaikan dengan sempurna,” katanya pada Kabar Bireuen, Rabu (11/7/2018) malam

Kemahiran membaca kitab gundul bagi Teungku Zulfitri memang tidak diragukan lagi, karena yang yang bersangkutan adalah alumni Mudi Mesra Samalanga.

“Pada final kami diminta baca kitab Kifayatul Akhyar, dan semua itu bisa saya selesaikan dengan baik juga,” sebutnya.

Penyerahan piala pemenang Qiraatul Kutub berlangsung di lokasi perlombaan, sementara pada malam harinya, Teungku Zulfitri dan peraih juara dari perlombaan lainnya menerima uang bonus yang diserahkan langsung oleh kepala kantor Kemenag Bireuen, Zulkifli Idris, di pemondokan kontingen Kemenag Bireuen di SDN 1 Subulussalam.

Perolehan juara pertama dari teungku Zulfitri menambah jumlah raihan medali emas kontingen Kemenag Bireuen.

Data dari Sekretariat Bireuen menunjukkan, hingga Kamis (12/7/2018) sore, Bireuen sudah menyabet delapan emas, tiga belas perak dan tiga perunggu. (Najib Zakaria)

BAGIKAN