KABAR BIREUEN– Pembangunan infrastruktur jalan merupakan salah satu prioritas pada masa Pemerintahan Bupati Bireuen H Saifannur S.Sos pada periode 2017-2022.

Karena itu, Pemerintah Kabupaten Bireuen menargetkan, Infrastruktr jalan tuntas pada tahun 2021.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Muslim, MSi kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (12/3/2019).

Muslim menyebutkan, Bupati Saifannur menargetkan semua ruas jalan di Bireuen selesai dibangun dan tuntas pada tahun 2021 nanti.

Tak hanya itu, juga ditargetkan setiap kecamatan di Bireuen membangunan tiga ruas jalan setiap tahunnya.

Jalan yang dibangunpun diprioritaskan pada jalan yang bersifat lanjutan, yaitu menyelesaikan pembangunan ruas jalan sebelumnya sampai tuntas.

Anggaran yang dibutuhkan untuk membangun 1 kilometer jalan adalah Rp 2 miliar.

Terkait jalan mana saja yang menjadi prioritas tahun ini, dia menngatakan akan segera diketahui dalam beberapa hari ke depan setelah dilakukannya Musrenbang Kabupaten Bireuen, maka akan diketahui apa saja prioritas pembangunan di Bireuen.

“Pada Musrenbang tersebut nantinya bertujuan mengklasifikasikan usulan masyarakat. Selain pembangunan infrastruktur, bidang pendidikan, kesehatan serta pertanian juga merupakan prioritas Pemkab Bireuen.

“Kabupaten Bireuen sudah mempunyai data Base jalan yang lengkap, meliputi lebar, panjang serta jenis kerusakan jalan. Baik itu rusak berat, sedang maupun ringan. semua sudah jelas,” ungkapnya.

Sehingga, dengan adanya data base tersebut, dapat diketahui berapa panjang dan lebar lagi ruas jalan yang belum dibangun, serta jenis kerusakkanya.

Pihak Kabupaten, provinsi maupun pusat punya kewenangan sendiri dalam menangani atau membangun jalan. sehingga sudah jelas mana jalan-jalan yang menjadi kewenangan masing-masing pihak. (Ihkwati)

 

 

 

BAGIKAN