KABAR BIREUEN – Sebanyak 100 kenshi shorinji kempo yang berasal dari sejumlah kabupaten/kota di Aceh, mengikuti gashuku (latihan bersama di alam terbuka) dan ujian kenaikan tingkat.

Kegiatan yang berlangsung selama sehari ini dibuka Sekretaris Umum (Sekum) Perkemi Pengprov Aceh, Haspriadi, di Komplek SMAN 2 Bireuen, Minggu (1/4/2018).

Ketua Panitia Pelaksana, T. Abdul Aziz, dalam laporannya menjelaskan, kegiatan tersebut diikuti peserta dari beberapa Pengkab Perkemi dalam Provinsi Aceh. Mereka berasal dari Langsa, Lhokseumawe, Aceh Tengah, Pidie, Banda Aceh dan Bireuen sebagai tuan rumah.

Dirincikannya, untuk peserta yang mengikuti ujian menuju tingkatan KYU V sebanyak 20 orang, tingkatan KYU IV 15 orang, tingkatan KYU III 23 orang, tingkatan KYU II 10 orang dan tingkatan KYU I tujuh orang.

“Totalnya 75 orang yang mengikuti ujian kenaikan tingkat. Sedangkan sisanya adalah peserta gashuku dan empat orang simpai penguji,” sebut T. Abdul Aziz.

Menurut dia, kegiatan ini bertujuan untuk menguji kemampuan dan kualitas kenshi di bidang tehnik dan untuk menyeragamkan tehnik-tehnik shorinji kempo yang lebih baik, khususnya di Bireuen dan Aceh pada umumnya.

“Kegiatan ini, juga menjadi ajang silaturahmi dan sekaligus reuni antar sesama kenshi Aceh,” jelas pria yang akrab disapa Ampon Aziz ini.

Pantauan Kabar Bireuen, para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Baik mereka yang mengikuti ujian kenaikan tingkat maupun gashuku. Kegiatan ini berlangsung hingga sore hari dan pengumuman terhadap peserta ujian kenaikan tingkat serta penutupannya. (Suryadi)

BAGIKAN