Wabup Bireuen Dr Muzakkar A Gani,SH,MSi dan H Jamaluddin A Gani di Masjid Agung Bireuen.

KABAR BIREUEN – Kondisi Jalan lintas Bireuen – Takengon depan Masjid Agung Sultan Jeumpa Bireuen rawan kecelakaan, sangat mengancam keselamatan para jamaah yang akan melaksanakan ibadah di masjid tersebut.

Panitia Pembangunan Masjid Agung Sultan Jeumpa Bireuen H Jamaluddin A Gani yang lebih dikenal H Jamal 88 dalam keterangannya kepada Kabar Bireuen, Kamis (24/5/2018) petang, mengatakan, Jalinsum Bireuen – Takengon setiap hari baik siang maupun malam hari sangat padat arus lalu lintas umum.

Dikatakannya, lantaran tidak ada pemasangan traffic light (lampu lalu lintas), rambu kecepatan lalu lintas dan rambu lainnya sangat mengancam keselamatan para jamaah saat menyeberang jalan menuju masjid.

Kendaraan umum roda empat, roda dua setiap hari sangat padat dengan kecepatan tinggi di depan masjid Agung sangat mengancam masayarakat , karena para pengemudi menggunakan kecepatan tinggi, lantaran tidak adanya trafigh ligh tidak member kesempatan kepada masyarakat menyeberang jalan menuju masjid.

Selain itu para pengemudi membunyian klekson kenderaan di depan masjid sangat menganggu ketertiban jamaah yang sedang melaksanakan ibadah di masjid.

Menurut H Jamal, pihaknya sudah meminta pihak Dishub Bireuen untuk memasang rambu-rambu lalu lintas, tapi hingga saat ini belum ada respon dari pihak Dishub.

“Kebutuhan traffic light di jalinsum depan Masjid Agung Sultan Jeumpa Bireuen sudah sangat mendesak, demi keselamatan para jamaah,’ pintanya.

H Jamal yang juga sebagai warga Desa Meunasah Capa ini mengatakan, baik sebelah timur maupun sebelah barat jalan Jalinsum depan Masjid Agung Sultan Jeumpa, Jalan Bireuen – Takengon, sebagai jalan utama penduduk penduduk Meunasah Capa menuju kota Bireuen.

Selama ini, lantaran belum adanya traffic light, sangat terancam saat menyeberang jalan menuju kota Bireuen dan pulang dari kota Bireuen.

“Jika traffic light sudah dipasang akan dapat memberi kesempatan warga masyarakat untuk menyeberang jalan dengan aman dari ancaman kecelakaan lalu lintas,” harap Haji Jamal.

Sementara Wakil Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani, SH, M.Si yang ditemui Kabar Bireuen usai salat ashar di Masjid Agung Bireuen, Kamis (24/5/2018) petang , menyambut baik harapan masyarakat agar di jalinsum depan Masjid Agung untuk segera dipasang rambu kecamatan lalu lintas dan pemasangan traffic light satu di sebelah utara dan satu sebelah selatan masjid.

Ini demi keselamatan jamaah dan masyarakat desa Meunasah Capa saat menyeberang jalan depan Masjid Agung tersebut.(HAR Djuli)

BAGIKAN